Ciwidey dan Strawberry yang Kian Mempesona

"Bandung dilingkung ku gunung" sepenggal lirik lagu sunda itu membuktikan, bahwa Bandung di kelilingi oleh gunung. Ibarat sebuah wajan, itulah Bandung.

Pamandangan yang indah dari Utara ke Selatan dan dari barat ke timur, semuanya memiliki kelebihan. Jika di utara Bandung ada Lembang dengan Tangkuban Perahunya, maka di selatan Bandung ada Kawah Putih dan Ciwidey. Tak kalah menarik dari keduanya, selalu dijadikan objek wisata dari daerah perkotaan.

Ciwidey, dulu daerah ini adalah perkebunan, dimana masyarakatnya senantiasa berkebun sayur-mayur. Namun seiring dengan perkembangan era reformasi, sedikit demi sedikit kekayaan alam ini mulai terkuak dan tereksplorasi. Salah satunya adalah pemandian air panas Cimanggu, Kawah putih dan Situ Patenggang.

Semakin banyaknya pengunjung yang berdatangan, maka semakin membenahi kawasan Ciwidey ini. Mulai dari sarana dan prasarana yang lebih baik, tak kalah pula ciri khas yang ingin ditonjolkan. Pada awalnya Ciwidey terkenal dengan sayur mayurnya, namun semakin berkembangnya informasi, sedikit demi sedikit lahan perkebunan yang banyak dan marak tergerus oleh kebutuhan masyarakat yang lebih komersil.

Ditunjang hawa yang dingin maka para petani pun mencari informasi, tentang budidaya yang lebih menguntungkan dengan banyaknya para turis yang berdatangan. Salah satu tanaman yang sangat pesat perkembangannya adalah strawberry. Buah yang kecil ini terasa agak masam dan manis, kolaborasi keduanya menjadikannya menjadi sangat digemari.

Jadilah buah yang satu ini, oleh-oleh yang wajib untuk dibawa saat berkunjung ke wilayah Bandung selatan ini. Sesuai kebutuhan ekonomi, dimana semakin populernya suatu barang dan jasa maka akan mendorong perubahan terhadap permintaannya. Demikian juga lahan perkebunan yang dulu banyak ditumbuhi sayur mayur kini berubah menjadi taman strawberry yang memberikan keuntungan yang lebih baik.

Mari berwisata.
salam.
sumber gambar

2 Responses to "Ciwidey dan Strawberry yang Kian Mempesona"

andisinaga said...

cocok deh ciwidey jadi sentra buah strawberry dan panganan berbahan strawberry

Lelang Bertemu Madonna

Uzanks Al Ghifari said...

moga ada kesempatan berkunjung kesana, amin...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel