8 Alasan untuk Berhenti Mengkonsumsi "Obat Warung"

Obat-obatan.

Terserang demam? Minum saja antipyretic. Sakit kepala datang? Minum saja penghilang sakit. Mungkin itulah sebagian orang lakukan, ketika terserang gejala suatu penyakit.

Meminum obat tanpa resep dari dokter, sudah menjadi kebiasaan yang kita lakukan. Pengobatan ini mungkin bagus untuk jangka pendek, namun sangat tidak disarankan untuk terus-menerus dilakukan.

Mengobati diri sendiri dengan obat-obatan bebas, tanpa resep dokter, sangat berbahaya. Terlebih kita tidak mengetahui kadar yang tepat dalam mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Maka dari itu, hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga. Dikutip dari boldsky, ada 8 alasan kena Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut:

1. Anda tidak menyadari penyakit yang diderita
Kemungkinan salah diagnosa penyakit bisa dilakukan siapa saja, termasuk Anda. Penyakit ringan seperti sakit kepala, bisa saja lebih berbahaya dari yang kita pikirkan. Dan Anda bisa membahayakan diri sendiri jika meminum sembarangan obat.

2. Dosis yang tidak tepat
Sebuah obat memang mencantumkan sebarapa banyak kandungan yang terdapat di dalamnya. Namun jika Anda sembarangan meminum obat, bisa saja Anda over-dosis, dengan disertai gejala-gejala yang lainnya.

3. Kecanduan obat
Saat Anda menelan obat secara terus-menerus untuk sakit yang ringan, maka Anda bisa saja kecanduan obat tersebut. Hal ini sangat berbahaya, jika dilakukan saat Anda terserang suatu penyakit. Karena bisa saja, tubuh gagal untuk merespon terhadap suatu penyakit nantinya.

4. Bisa terkena stroke ringan
Menelan obat-obatan pembunuh rasa sakit, bisa menyebabkan stroke ringan. Karena obat dapat mempengaruhi tubuh, demikian juga terhadap pembuluh darah. Dan hal tersebut, bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

5. Penderita Diabetes
Penderita diabetes harus berhati-hati, saat mengobati diri sendiri dengan obat-obatan warung. Karena tekanan dah yang tinggi, bisa menyebabkan kematian.

6. Anda sedang hamil
Jangan pernah mengkonsumsi obat-obatan jika Anda sedang hamil, jauhkan sebisa mungkin. Dan jika sakit, lebih baik konsultasikan dengan dokter kandungan. Agar kelahiran anak bisa sempurna.

7. Asupan multivitamin
Beberapa orang sering mengkonsumsi multivitamin tanpa resep dokter, hal ini tentu sangat berbahaya. Karena beberapa multivitamin bisa menyebabkan keracunan. Jadi lebih baik mengkonsumsi makanan yang sehat.

8. Bahan untuk dipikirkan
Kesehatan merupakan hal yang paling utama dalam sejarah kehidupan manusia. Jadi menggunakan obat-obatan bebas, dapat membahayakan Anda. Penyalahgunaan obat-obatan dapat menyebabkan komplikasi yang parah. Jadi Anda sangat bertanggung jawab untuk kesehatan sendiri.


Sumber: Boldsky.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel