Berapa Lama Bumi Bisa Menopang Kehidupan?

Bumi. Sumber: http://mashable.com

Bumi bisa terus menopang kehidupan setidaknya hingga 1,75 miliar tahun, jika dalam kurun waktu itu tidak ada perang nuklir, asteroid yang menghancurkan bumi, atau bencana lainnya.

Bahkan tanpa skenario kiamat, para astronomi bisa menentukan planet layak huni lainnya. Dalam penelitian terbaru, di antara waktu 1,75 miliar hingga 3,25 miliar tahun dari sekarang, bumi akan mengitari tata surya ke dalam "zona panas".

Zona ini ditentukan oleh air. Sebuah planet yang layak huni, sangat ditentukan oleh ketersediaan air. Semakin dekat kepada matahari, maka sebuah planet akan dekat kepada "zona panas", yang akan menguapkan air di dalamnya. Dan tentu saja, kehidupan tidak akan ada.

Sekarang ini, peneliti sedang mencari planet lain yang layak huni. Namun kompleksitas kehidupan tidak semudah itu.

Seperti pada Bumi, sel sederhana muncul sekitar 4 miliar tahun yang lalu. "Kami memiliki serangga 400 juta tahun yang lalu, dinosaurus sekitar 300 juta tahun yang lalu, dan tanaman sekitar 130 tahun yang lalu," kata Andrew Rushby, peneliti dari Universitas East Anglia di Inggris.

"Secara anatomis, manusia modern muncul sekitar 200 ribu tahun yang lalu, dan membutuhkan waktu yang lama untuk cerdas dan berkembang," tambahnya.

Rushby dan rekan-rekannya mengembangkan alat baru untuk mengkalkulasi waktu yang tersedia bagi evolusi di planet lain, yaitu model yang bisa memperkirakan sebuah planet bisa menjadi layak huni.

Dalam penelitiannya, yang diterbitkan dalam jurnal Astrobiologi, mereka menerapkan model bumi dan delapan planet lainnya ke dalam zona layak huni, termasuk Mars.

"Jika kita diharuskan meninggalkan Bumi ke planet lain, Mars adalah solusi yang memungkinkan," ucap Rushby. "Mars sangat dekat dan akan menjadi zona layak huni hingga matahari mati, yaitu 6 miliar tahun dari sekarang."

Namun apakah hal itu bisa diwujudkan? Hanya Tuhan yang tahu. :)


Sumber: http://mashable.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel