Obat Ini Mampu Kurangi Kematian Akibat Overdosis

Naloxone. Sumber


Overdosis akibat kecanduan narkoba kian menigkat selama 20 tahun terakhir. Dari tahun 1999-2010, kematian akibat overdosis telah meningkat sebesar 102 persen. Sementara kematian akibat overdosis semakin meningkat, cara untuk mengatasinya masih terkendala.

Dalam peringatan ke 13 Hari Kesadaran Terhadap Overdosis Internasional, pembuat kebijakan dan pendukung pengurangan ketergantungan obat telah bersanding bersama-sama. Mereka memberikan solusi yang efektif terhadap kematian akibat overdosis.

Adalah naloxone, resep satu-satunya untuk mengurangi ketergantungan obat, yang bisa menyelamatkan ribuan nyawa. Mereka mendukung untuk pendistribusian obat ini secara luas. Namun hal tersebut bukan tanpa pro-kontra,.

Walaupun naloxone telah mendapat izin dari badan makanan dan obat-obatan Amerika, sejak tahun 1971, namun hal tersebut takut disalah gunakan. Obat ini mampu mengurangi ketergantungan obat hingga 50 persen.

Meskipun obat ini sangat efektif mengurangi kecanduan, banyak negara yang belum mau mengadopsi obat ini untuk mengurangi pecandu. Seperti dikutip dari The Fix, bahwa pengguna obat-obatan terlarang harus menerima jika saat mereka overdosis, kematian merupakan konsekuensinya.

Banyak pengamat menilai, jika penggunaan naloxone hanya akan meningkatkan pecandu narkoba. Sehingga mereka tidak ingin jika obat ini disebarluaskan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel