Peneliti Temukan Gen untuk Hapus Kenangan Buruk

Kenangan buruk.
Para veteran perang yang sering trauma akan kejadian masa lalu, dan pecandu obat yang sering dihantui untuk mengulang kembali kebiasaannya, memiliki satu kesamaan, yaitu mereka korban dari kenangan. Namun sekarang hal itu bisa ditangani.

Sebuah tim peneliti dari Institute Teknologi Massachusetts (MIT), menemukan gen yang diberi nama Tet1, gen tersebut secara efektif dapat menghapus memori. Dalam penelitiannya, tim tersebut menggunakan tikus untuk bahan uji coba.

Saat diberi terapi kejutan pada sebuah tikus, dimana ditempatkan di area listrik, maka tikus itu terkejut. Dan setelah diberi gen Tet1, tikus tersebut tidak takut untuk masuk ke area tersebut untuk kedua kalinya.

"Kami mempelajari dari sini bahwa hewan yang diberi gen Tet1, tidak mampu mengulang kenangan buruknya," ucap Le-Huei Tsai, direktur MIT dari Institut Pembelajaran dan Memori.

"Selama lebih dari setangah abad telah di dokumentasikan bahwa gen ekspresi dan sintesis protein, sangat ampuh untuk membentuk kenangan baru. Dalam penelitian ini kami berspekulasi bahwa gen Tet1 mampu memodifikasi DNA," tambahnya.

Peneliti MIT menemukan bahwa gen Tet1 mampu mengubah level metilasi dalam DNA, proses yang menyebabkan reaksi kimia. Ketika metilasi meningkat, prosesn kenangan baru dapat terbentuk lebih efisien. Sebaliknya, saat metilasi menurun, pembentukan kenangan sangat lemah.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sekali kenangan terbentuk, untuk menghapusnya, harus ada kenangan baru terjadi," kata Tsai. "Kenangan yang baru akan menggantikan kenangan yang lama," tambahnya.

Namun, apakah penelitian ini mampu diterapkan untuk manusia? Perlu penelitian lebih lanjut, dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Sumber: http://mashable.com

0 Response to "Peneliti Temukan Gen untuk Hapus Kenangan Buruk"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel