Sapi di Inggris Kini Terhubung ke Internet

Sapi. Sumber: wikimedia.org

Sebuah peternakan sapi di Essex, Inngris, telah menghubungkan ternak sapinya ke internet. hal tersebut dimaksudkan untuk memantau setiap perubahan perilaku, yang dapat menjadi indikasi sebuah penyakit.

Tim di belakang proyek "Pelacakan Sapi" ini, menanamkan perangkat GPS kepada setiap sapi. Dan menempatkan sensor di sekitar gudang tempat mereka beraktivitas dan tidur. Informasi tersebut dikirim ke peternak, melalui perangkat komputer.

Gangguan dalam pola kebiasaan sapi, seperti tidur lebih banyak atau makan lebih sedikit, bisa menandakan sapi sedang terserang penyakit. Sehingga perubahan ini dapat diketahui dengan cepat oleh pemilik sapi, dan menginvestigasi lebih jauh keadaan sapi.

Kelebihan dari sistem ini, untuk memberikan penghematan kepada sapi, dari pemberian antibiotik setelah infeksi terjadi.

"Setiap kasus dalam penanganan sapi bisa menghabiskan uang sekitar 300 pound," ucap John Torrance, peternak asal Essex kepada BBC, seperti dikutip Mashable. "Setiap penemuan kasus sapi bermasalah dengan kesehatan, tentu akan mengurangi biaya," tambahnya.

Proyek pelacakan sapi ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini, dengan mengirimkan informasi yang akurat kepada peternak melalui pesan singkat ataupun email. Untuk saat ini, sapi diawasi selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam sepekan.


Sumber: http://mashable.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel