Pentingnya Tidur Nyenyak Bagi Wanita Hamil

Wanita hamil sedang tidur.
Ketika Anda hamil, maka sering mengalami gangguan tidur. Hal ini diakibatkan karena kegembiraan karena kehamilan, atau perubahan dalam tubuh si ibu itu sendiri yang membuat tidur tidak nyaman.

Banyak alasan tidur menjadi hal yang tidak menyenangkan selama kehamilan, seperti sakit punggung, kaki bengkak, kram, posisi tidur dan banyak lainnya. Selain itu, ada kecemasan dan ketidaknyamanan yang mengganggu untuk tidur nyenyak.



Namun, tidur merupakan hal yang harus dilakukan untuk perkembangan janin. Kebersihan tempat tidur menjadi faktor yang utama, agar ibu hamil dapat tidur nyenyak. Ganti ruangan yang mempunyai lampu yang terang.

Banyak juga wanita hamil yang membaca buku, untuk mempercepat mengantuk, namun terkadang tidak berhasil. Kurang tidur tentunya sangat tidak baik untuk perkembangan janin. Berikut ada beberapa cara yang dilansir Boldsky, agar ibu hamil bisa tidur dengan nyenyak.

Hindari nikotin
Nikotin sangat berbahaya selama kehamilan. Jika Anda perokok, perhatikan kesehatan janin Anda. Nikotin akan mengurangi istirahat dan tidur lebih sedikit.

Jangan ada kafein
Jika Anda suka mengkonsumsi kopi atau teh, sebaiknya diminum 6-7 jam sebelum istirahat. Sebaiknya katakan tidak untuk kafein.

Hindarkan dari alkohol dan rokok
Ada sebagian ibu hamil yang mengkonsumsi alkohol dan rokok agar bisa mengantuk, namun itu sangat salah. Dan efeknya akan sebaliknya.

Kebersihan
Pastikan kasur tempat Anda tidur sudah bersih. Selama kehamilan, pastikan kamar yang Anda gunakan lebih gelap, agar ada nuansa tenang.

Sedikit minum di sore hari
Air memang sangat penting bagi wanita hamil, dan sebaiknya meminum banyak air dilakukan pada pagi dan siang hari. Dan di sore hari, perrkecil minum air, sehingga Anda akan terhindar dari gangguan ke toilet.

Yoga
Latihan yoga dapat membantu tubuh yang lelah, menjernihkan pikiran, dan mood. Yoga juga bisa membantu tidur yang baik saat kehamilan.

Kurangi cemilan
Perut yang penuh tentu akan mengurangi kenyamanan saat tidur. Sebaiknya ibu hamil makan malam 3 jam sebelum tidur.

Tidur siang
ibu hamil sebaiknya dibiasakan tidur siang antara 30 sampai 60 menit, karena dapat membantu saat nanti tidur di malam hari.

Jangan bekerja larut malam
Tubuh Anda butuh istirahat di malam hari. Karena in sangat penting bagi kesehatan bayi.

Tidur di sisi kiri
Selama kehamilan, posisi tidur sangat diperhatikan. Tidur dengan posisi di kiri, akan meningkatkan peredaran darah dan nutrisi kepada janin. Jadi biasakan posisi ini selama masa kehamilan. (Boldsky.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel