Langkah-langkah Mudah Bisa Berkurban

Sapi kurban. Sumber picture-newsletter.com
Kurang dari satu minggu kita akan merayakan Idul Adha, yang merupakan hari Raya Kurban. Berkurban merupakan ibadah yang diharuskan bagi mereka yang mampu. Namun bukan berarti harus kaya raya.

Berkurban bisa dilakukan siapa saja, asalkan ada niat yang tulus untuk melakukan pengorbanan. Ya, berkurban memang memerlukan keikhlasan. Terlebih di saat harga daging melambung tinggi, yang berakibat hewan kurban mengalami kenaikan harga.



Saat ini hewan kurban mengalami kenaikan hingga 20 persen, dari tahun lalu. Bagi mereka yang hendak berkurban, dan telah merencanakan dari tahun lalu, mau tidak mau harus mengeluarkan uang ekstra.

Di balik itu semu, kurban merupakan amal ibadah yang hampir setara dengan naik haji itu sendiri (koreksi jika salah), karena hari raya kurban atau Idul Adha, dirayakan bersamaan dengan puncak ibadah Haji di kota Mekkah.

Ada banyak cara dilakukan orang-orang, agar bisa berkurban, mulai dari menabung dalam satu tahun, hingga menjual perhiasannya (seperti yang saya ketahui di lingkungan tempat tinggal). Untuk bisa berkurban, coba buat dan renungkan lima langkah ini:

1. Ingat mati
Kenapa kita harus ingat mati? Sebagai perumpamaan, jika kita mempunyai keinginan akan sesuatu, seperti gadget atau barang-barang lainnya, kita akan berusaha untuk menabung karena menginginkan hal tersebut. Jika kita ingat mati, maka kita harus membawa bekal, berupa amal ibadah. Dan salah satunya adalah dengan  berkurban, karena datangnya hanya satu tahun sekali. Belum tentu umur kita bisa sampai setahun kemudian, saat Idul Adha datang kembali.

2. Momen untuk berbagi
Coba lihat di tombol sosial media kalian, baik itu Facebook, Twitter, hingga portal berita, selalu ada tombol "share" atau bagikan. Begitu juga dengan kurban, kita diharuskan untuk berbagi kepada mereka yang memang membutuhkannya, atau kepada tetangga terdekat.

3. Hitung pengeluaran "percuma" Anda
Apakah Anda perokok? Punya hobi yang bisa dibilang mahal? Atau sering menghabiskan waktu ke bioskop setiap minggunya? Coba Anda renungkan, berapa pengeluaran tersebut per bulan. Apakah Rp200ribu, Rp300ribu atau Rp1 juta per bulan? Coba Anda mulai menabung untuk kurban, minimal 5 persen dari gaji Anda, dan siap-siap Anda bisa berkurban setiap tahun.

Tidak perlu menggunakan dalil atau hadits untuk kita berkurban, tapi coba sentuh hati Anda dengan lingkungan sekitar. Kurban merupakan cerminan untuk saling mendekatkan dengan tetangga, dan menghilangkan kesombongan. Sudahkan Anda berkurban tahun ini?

0 Response to "Langkah-langkah Mudah Bisa Berkurban"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel