Mengenang Mahatma Gandhi di Hari Kelahirannya

Mahatma Gandhi. Sumber: http://batamtoday.com
Tanggal 2 Oktober memagang peranan penting bagi India, tahu kenapa? Ini adalah hari yang sangat penting, di mana pribadi yang sangat istimewa lahir. Yang mengubah jalannya sejarah dan politik bagi India, dan umumnya bagi dunia.

Siapa yang tidak tahu Mahatma Gandhi? Bapak Nasional India ini berjuang demi kemerdekaan tanpa kekerasan. Metodenya kebenaran (Satyagraha) dan tanpa kekerasan (Ahimsa), telah populer di seluruh dunia.

Beliau melakukan protes dalam perjuangannya, yang merupakan salah satu kekuatan pada waktu itu. Dan tanpa menumpahkan darah setetespun, dia berhasil "mengusir" penjajah keluar dari India.

Berkat metodenya tersebut, banyak revolusioner di berbagai dunia yang mengadopsi cara berjuangnya. Kini protes merupakan hal yang biasa dilakukan, untuk mengungkapkan sesuatu ketidakadilan. Dan filosofi kebenaran tanpa kekerasan menjadi acuannya, untuk meyakinkan kekuasan guna menghargai ketidakadilan tersebut.

Mahatma Gandhi memang terlahir di India, tapi perjuangannya patut kita coba di mana pun. Dan tanggal 2 Oktober merupakan hari yang spesial untuk mengenang dan mengingat perjuangannya tersebut.

Sumber: Boldsky.com

0 Response to "Mengenang Mahatma Gandhi di Hari Kelahirannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel