Olduvai Gorge, Bukti Tertua Evolusi Manusia

Olduvai Gorge. Sumber: xpeditiononline.com.
Olduvai Gorge adalah sebuah situs yang berada di Tanzania, yang dipercaya ilmuwan sebagai bukti awal keberadaan nenek moyang manusia. Ahli Paleontologi telah menemukan ratusan tulang dan alat-alat dari batu yang ada sejak jutaan tahun yang lalu, sehingga ilmuwan menimpulkan bahwa evolusi manusia berasal dari Afrika.

Nama Olduvai sendiri merupakan kesalahan ejaan suku Maasai, yang merupakan nama tanaman liar, sisal, yang tumbuh di daerah tersebut. Situs ini berada di ngarai  yang terletak di Great Rift Valley, yang terletak di antara kawah Ngorongoro dan taman nasional Serenggeti.


Olduvai Gorge terbentuk sekitar 30.000 tahun yang lalu, hasil dari aktivitas geologi agresif dan aliran sungai. Ngarai ini mempunyai panjang sekitar 48.2 kilometer dan kedalaman sekitar 89,9 meter. Aliran sungai telah menubah dan membentuk tempat berbentuk empat tempat tidur, dengan umur yang tertua diperkirakan sekitar  2 juta tahun yang lalu.

Para ilmuwan berharap bahwa situs ini bukan merupakan asal usul manusia, namun mereka berharap bisa melihat dari mana asal usul manusia berasal, dan mempelajarinya.

Namun penemuan fosil yang diberi nama Dart dan Broom, dipercaya bahwa manusia awalnya berkembang di Afrika. Banyak ilmuwan yang menemukan beberapa fosil yang menambah keyakinan, manusia purba (homonin) berkembang secara simultan di Afrika, sehingga yang awalnya manusia berkembang di Australopithecus terbantahkan. (Livescience.com)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel