Arkeologi Temukan Reruntuhan Mal Kuno di Yunani

Reruntuhan mal kuno.
Sepanjang garis pantai utara Aegean yang indah di Yunani, arkeologi menemukan sebuah reruntuhan yang diperkirakan berumur 2.500 tahun yang lalu. Reruntuhan tersebut mirip ruang publik, bisa dikatakan tempat jual-beli atau mal.

Reruntuhan tersebut membentang sekitar 40 meter, dengan beberapa sekat ruangan, yang masing-masing mempunyai sentuhan arsitektur berbeda. Dalam reruntuhan tersebut ditemukan koin kuno, vas, dan artefak lainnya yang memperlihatkan kehidupan dahulu.



"Porticos telah ada sejak zaman Helenistik, dari abad ke-3 sampai ke-1 Sebelum Masehi (SM), tapi contoh sebelumnya sangat langka," ucap arkeolog Jacques Perreault, dari Universitas Montreal.

Perreault adalah direktur penggalian di Argilos, yang terletak di sungai Struma, daerah yang dihiasi oleh tambang emas dan perak kuno.

Peneliti yakin, bangunan mal ini didirikan sekitar 655 SM. Puing-puing yang ditemukan memperlihatkan, bangunan-bangunan tersebut didirikan bukan dari sebuah proyek. Karena setiap bangunan mempunyai kekhasan tersendiri. Dan berbeda dengan yang lainnya.

Mereka yakin, jika penggalian dilakukan lebih dalam lagi, maka akan menemukan kejutan lainnya. Yang mungkin bisa menguak, seperti apa transaksi yang terjadi kala itu. (Livescience.com)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel