Orang Kaya China Beli Lukisan Picasso Seharga Rp310 Miliar

Claude et Paloma. (cnbc.com)
Dalian Wanda Group yang didirikan oleh orang terkaya di China, Wang Jianlin, membuat sebuah kejutan untuk lukisan karya Picasso di rumah lelang Christie di New York. Wanda Group membeli lukisan tersebut seharga US$28,2 juta atau Rp310 miliar, lebih dari dua kali lipat harga yang diharapkan.

Lukisan yang diberi judul "Claude et Paloma", merupakan sebuah potret dari dua anak bungsu Picasso. Awalnya, rumah lelang Christie berharap lukisan tersebut terjual antara US$9 juta hingga US$12 juta.

Baca Juga: Mangkuk Baso Era Dinasti Chenghua Terjual Rp185 Miliar

Dalam lelang tersebut, ada sebelas peserta yang meminatinya. Namun Wanda Group berhasil membeli lukisan tersebut. Diharapkan lukisan tersebut bisa menambah koleksi mereka.

"Saya pikir itu harga yang setimpal, dan saya senang. Wanda Group ingin menyimpan karya besar tersebut. Baik itu karya dari seniman lokal China ataupun dari Barat, selama itu orisinil, dan mewakili seseorang, mereka akan mempertimbangkan koleksi tersebut," ucap Gua Qingxiang, yang bertanggung jawab terhadap koleksi Dalian Wanda Group, kepada CNBC.

Anehnya, saat pelelangan, wakil dari Dalian Wanda Group tidak hadir. Dan tawaran yang mereka lakukan melalui telepon oleh Rebecca Wei, direktur rumah lelang Christie Asia. Wang yang berumur 59 tahun, dan merupakan pendiri Dalian Wanda Group, diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US$22 miliar atau sekitar Rp242 Triliun.

Wang berhasil meraup pundi-pundi keuangannya melalui bisnis properti, dan memiliki saham sekitar 61%.  Dalian Wanda Group sendiri kerap membangun bisnis hiburan, dan menjadi operator bioskop terbesar di dunia.

China telah menjadi pasar yang potensial bagi rumah lelang asing, di mana peningkatan orang kaya semakin berkembang. Tahun lalu, Departemen Perdagangan mencatat penjualan barang antik di rumah lelang mencapai angka US$4,5 miliar, atau sekitar Rp50 Triliun rupiah. Yah, China telah menjadi pasar yang menguntungkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel