USS George Washington, Kapal Perang yang Menjadi Penyelamat

USS George Wahington. (businessinsider.com)
Kapal induk USS George Washington merupakan kapal yang dipersiapkan untuk situasi perang. Kapal induk ini menggunakan tenaga nuklir untuk bahan bakarnya. Dan mampu bertahan sekitar 20 tahun, sampai diisi bahan bakar kembali.

Kapal induk ini juga mempunyai landasan pacu bagi pesawat, dengan panjang tiga kali lipat lapangan sepakbola. Kapal ini mempunyai kru sekitar 5.000 orang, atau setara dengan gedung berukurab 24 lantai. Semua kegiatan bisa dilakukan di kapal induk ini.


Setiap harinya, koki menyiapkan makanan sekitar 18.000 porsi dalam sehari, sungguh porsi makan yang sangat besar. Dalam keadaan normal, bukan perang, kapal ini melakukan patroli di laut.

Kali ini, USS George Washington mempunyai tugas kemanusiaan, di mana ditugaskan untuk membantu korban yang belum tersentuh bantuan di beberapa pulau yang dihantam badai Haiyan.

Seperti di pulau Samar, hampir 300 orang putus asa, karena kekurangan makanan dan air, serta banyak korban yang harus dievakuasi karena memerlukan pertolongan medis.

Maka, pesawat ini menerbangkan helikopter Seahawk, yang bisa terbang beberapa kali dalam sehari. Sehinggan bantuan pun dapat dikirimkan, sekaligus dapat mengangkut korban yang membutuhkan pertolongan medis.

Kekurangan lahan untuk mendaratkan helikopter membuat pilot menggunakan tali, untuk menurunkan bantuan. Demikian juga dengan membawa korban, hanya dilakukan melalui keranjang yang telah diturunkan.

Kapal induk USS George Washington juga mengirimkan buldoser, backhole dan dum truk, untuk membantu membersihkan puing-puing dari hantaman badau Haiyan.

Kapal induk ini memang sangat luar biasa, selain menjadi alat untuk mengangkut perlengkapan tempur, juga sangat membantu dalam mengevakuasi korban bencana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel