Ilmuwan Ingin Hidupkan Kambing Gunung yang Punah


Spesies kambing gunung yang punah, bucardo.
Ilmuwan Spanyol akan memeriksa sel dalam sebuah tabung, yang telah dibekukan dalam larutan nitrogen 14 tahun lalu. Sel tersebut milik bucardo, spesies kambing gunung yang punah tahun 2000, dan melihat apakah sel-sel tersebut dimungkinkan untuk dikloning.

Jila Celia--nama sel tersebut--berada dalam kondisi yang baik, tim ilmuwan akan mencoba untuk membuat embrio yang akan ditanamkan di kambing betina. Tujuannya untuk membuat bucardo baru yang belum terlihat 14 tahun lalu.


Namun mereka tidak akan berencana untuk "memulihkan populasi bucardo". Mereka hanya ingin menghidupkan kembali bucardo. Sebelumnya pernah dilakukan kloning di tahun 2003, namun bucardo mati sesaat setelah kelahirannya.

Membuat Celia bertahan adalah tantangannya, karena genome yang dibawa sangat miskin, sehingga ilmuwan sangat kekurangan pilihan untuk membuatnya bertahan hidup.

Ide ini membuat banyak perhatian tahun ini. Teknik genetika yang telah disempurnakan, diharapkan mampu membuat bucardo hidup kembali. Sehingga kepunahan spesies ini bisa dihilangkan. (businessinsider.com)

1 Response to "Ilmuwan Ingin Hidupkan Kambing Gunung yang Punah"

intan said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel