Salju Berkurang, Danau di Kanada Terancam Kekeringan

Danau yang mulai mengering di Kanada.
Dalam beberapa tahun terakhir, subartic Kanada telah mengalami penurunan jumlah salju yang turun. Hal ini mengakibatkan danau yang di sekitarnya mengalami kekeringan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Geophysical Research.

Penelitian ini dilakukan oleh sebuh tim yang terdiri dari Universitas Laval, Universitas Wilfird Leurier, Universitas Brock, dan Universitas Waterloo, yang mempelajari 70 danau. Kebanyakan danau-danau tersebut memiliki kedalaman sekitar 3 meter saja.


Sumber air danau-danau tersebut berasal dari pencairan salju, hal inilah yang menjadi keprihatinan peneliti. Dengan berkurangnya salju, maka lelehan air yang mengairi danai juga ikut berkurang.

Saat ini, danau yang kering telah ditumbuhi oleh semak belukar, dan setengah dari jumlah danau tersebut diperkirakan akan mengering. Fenomena pengeringan danau ini mulai terlihat sejak tahun 2010, dan sekarang kian terlihat.

Hal ini jelas akan memusnahkan ikan-ikan yang ada dan hidup di danau tersebut, tidak ada yang bisa mencegah hal ini, kecuali dari sekarang kita mulai peduli dengan global warming. (sumber: businessinsider.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel