7 Perangkat Usang yang Masih Digunakan Militer AS

Militer Amerika Serikat harus bangga, karena memiliki perangkat perang paling canggih di dunia. Mereka mempunyai robot terbang, mesin penembak otomatis dan masih banyak lagi. Demikian juga dalam teknologi komputer, mereka mempunyai virus yang bisa merusak komputer.

Dan sebentar lagi, mereka juga akan mempunyai penembak laser di pesawat tempurnya. Sedikit demi sedikit perubahan terjadi di tubuh militer Amerika. Di mana perangkat baru menggantikan perangkat lama yang telah usang.

Namun bukan berarti mereka menggunakan 100% perangkat terbaru, perangkat yang terbilang usang pun masih digunakan oleh militer Amerika, seperti yang dikutip dari Mashable, berikut 7 perangkat usang yang masih digunakan:

1. M4 Carbine

Senapan ini masih digunakan prajurit infanteri, dan telah digunakan hampir 25 tahun. Walaupun perangkat yang baru sudah tersedia, namun belum ada rencana pengalihan jenis senjata ini. Model terbaru, M4A1, memberikan keakuratan yang tinggi. Jumlah senjata M4 ini sendiri yang digunakan berjumlah setengah juta, yang masih digunakan.

2. Microsoft Outlook

Perangkat lunak yang satu ini memang sangat rapuh untuk digunakan, namun microsoft outlook masih banyak digunakan dalam berkirim surat elektronik antar militer.

3. Bom Nuklir B61

Bom nuklir ini telah digunakan sejak perang dingin melawan Jerman, dan saat ini masih terdapat di Eropa yang menjadi basis militer Amerika. Belum ada tanda-tanda bom ini akan dimusnahkan atau digantikan. Bom B61-12 telah disiapkan untuk menggantikannya, dan akan memberikan ledakan yang lebih besar lagi.

4. Analisa posisi musuh

Distributor sistem darat militer Amerika (DCGS-A) terkenal sebagai perusahaan multi billioner, yang mendesain, menganalisa, dan mendistribusikan informasi tentang lokasi musuh yang lebi canggih. Mereka mengumpulkan berbagaii informasi  yang akan dijadikan target, sehingga keakuratan akan lebih tinggi, dan mengurangi korban yang tidak diinginkan.

Tapi dalam kenyataannya itu belum banyak digunakan. Mereka lebih percaya kepada pengalaman, yang bisa mencari target dengan spesifik. Dan cara klasik ini masih banyak digunakan militer Amerika.

5. Pistol M9
Seperti M4 carbine, pistol ini telah berumur cukup panjang yaitu 25 tahun, walaupun senjata yang sama telah tersedia. Lebih dari 200.000 militer Amerika masih menggunakan pistol jenis ini, walaupun tidak ada laser untuk keakuratan dalam menembak.

6. Video konferensi

Video konferensi yang digunakan Pentagon yang disebut Video Teleconferencing, produk dari Tandberg, jauh dari teknologi terbaru. Sistem ini telah digunakan lebih dari 15 tahun. Mereka berdalih, sistem yang baru sangat mahal, terlebih kamera, hardware dan software yang digunakannya.

7. BlackBerry
Satu dekade yang lalu, smartphone BlackBerry mungkin menjadi primadona, tapi saat ini, perangkat smartphone yang satu ini telah ketinggalan jaman. Namun, ada 470.000 prajurit yang masih menggunakannya.Rencananya, Pentagon akan membangun sistem yang akan mengamankan komunikasi di semua perangkat mobile.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel