Mengenal Ayurveda, Pengobatan Kuno dari India

Bahan-bahan herbal dalam pengobatan Ayurveda. (http://spiceflair.com)
Ayurveda adalah tradisi perawatan kesehatan kuno, yang telah dipraktikkan di India selama 5.000 tahun. Kata Ayurveda berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Ayur (hidup) dan veda (pengetahuan).

Meskipun Ayurveda, atau pengobatan Ayurvedic, didokumentasikan dalam teks sejarah suci yang dikenal sebagai Veda berabad-abad lalu. Sekarang ini telah terintegrasi dengan praktek-praktek tradisional lainnya, termasuk yoga.


Ayurveda secara luas dipraktekkan di benua India, lebih dari 90 persen orang India menggunakan beberapa bentuk pengobatan Ayurvedic, menurut University of Pusat Minnesota untuk Spiritualitas & Healing. Tradisi ini telah mendapatkan popularitas di dunia Barat, meskipun masih dianggap sebagai pengobatan alternatif .

Prinsip Ayurveda

Sebagai praktek kesehatan holistik, Ayurveda berusaha untuk menjaga keseimbangan antara aspek fisik, mental dan spiritual seseorang. Bila keseimbangan ini terganggu, penyakit dan masalah kesehatan lainnya dapat terjadi pada tubuh, menurut praktisi Ayurvedic .

Perawatan kesehatan adalah praktek yang sangat individual berdasarkan prinsip Ayurvedic, dan semua orang memiliki pola tertentu karakteristik yang disebut dosha, yaitu jenis metabolisme berdasarkan kimia tubuh dan kondisi mental. Ada tiga doshas dasar, dan setiap orang memilikinya, dan satu atau dua yang mendominasi.  Berikut penjelasannya menurut University of Maryland Medical Center:

Energi Pitta terkait dengan api, diperkirakan untuk mengontrol sistem pencernaan dan endokrin. Orang dengan energi ini dianggap berapi-api dan temperamen, cerdas dan cepat. Ketika energi ini tidak seimbang, maka akan terjadi peradangan, masalah pencernaan, marah, mulas dan penyakit arthritis dapat terjadi.

Energi Vata dikaitkan dengan udara dan ruang, terkait dengan gerakan tubuh, termasuk pernapasan dan sirkulasi darah. Energi Vata dikatakan mendominasi pada orang yang kreatif dan pemikir. Ketika tergganggu, dapat terjadi sakit sendi, sembelit, kulit kering, kecemasan dan lainnya .

Energi Kapha terkait dengan bumi dan air, diyakini mengontrol pertumbuhan dan kekuatan, dan berhubungan dengan dada dan punggung. Bila terganggu akan menyebabkan masalah obesitas, diabetes, masalah sinus, ketidakamanan dan kantong empedu dapat terjadi ketika energi kapha tidak seimbang.

Seberapa aman Ayurveda?

Gangguan pada salah satu dari tiga doshas ditangani oleh berbagai perawatan Ayurvedic, termasuk obat herbal, pembatasan diet, yoga, pijat, meditasi dan latihan pernapasan yang disebut pranayama.

Efektivitas terapi Ayurvedic belum banyak diteliti dalam uji klinis oleh praktisi kedokteran Barat. Oleh karena itu, beberapa dokter dan profesional kesehatan lainnya menganggap Ayurveda berisiko.

Sebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) menemukan bahwa, hampir 21 persen dari obat-obatan Ayurvedic dibeli melalui Internet mengandung air raksa atau arsenik .

Dan pada tahun 2012, Morbidity and Mortality Weekly Report dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mencatat bahwa, enam kasus keracunan timbal yang ditemukan pada wanita hamil yang telah menggunakan obat-obatan Ayurvedic mengandung timah.

Manfaat Ayurveda

Meskipun kekhawatiran ini ada, namun telah ada penelitian yang menunjukkan efektivitas beberapa perawatan Ayurveda.

Kunyit, bumbu berasal dari tanaman kunyit (Curcuma longa), sering diresepkan oleh praktisi Ayurveda. Kunyit mengandung beta -karoten, kalsium, flavonoid, zat besi, niasin, kalium, seng dan nutrisi lainnya .

Dan di samping potensi efektivitas dalam mengobati tukak lambung dan beberapa bentuk kanker, kunyit juga telah terbukti sifat anti inflamasi. Beberapa studi telah menyarankan bahwa mungkin membantu mengurangi gejala rheumatoid arthritis .

Selain itu , sebuah studi 2011 menemukan bahwa senyawa herbal Ayurvedic efektif untuk mengobati gejala-gejala rheumatoid arthritis, menurut Pusat Nasional untuk Pelengkap dan Pengobatan Alternatif (NCCAM).

Pengobatan Ayurvedic lain yang banyak digunakan dengan kemenyan, resin kering berasal dari pohon Boswellia. Menurut NCCAM, pasien osteoarthritis memiliki penurunan yang signifikan dalam nyeri setelah menggunakan obat kemenyan.

Sebelum Anda mulai pengobatan Ayurvedic

Jika Anda sedang mempertimbangkan pengobatan Ayurvedic, atau terapi alternatif lainnya, pastikan untuk berbicara dengan dokter perawatan primer atau profesional kesehatan. Beberapa pengobatan Ayurvedic dapat berbahaya, bila dikombinasikan dengan resep obat-obatan .

Karena tidak ada prosedur perizinan yang diakui secara nasional bagi para praktisi Ayurvedic, Anda mungkin ingin menghubungi sekolah Ayurvedic untuk rekomendasi tentang bagaimana menemukan seorang praktisi Ayurvedic berkualitas. (Livescience)
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel