Boneyard, Kuburan Pesawat Tempur Amerika

Pesawat tempur F-4 Phantom II.
Setiap pesawat yang diterbangkan, khususnya pesawat tempur, lambat laun akan mengalami masa "pensiun". Seiring dengan perkembangan teknologi ataupun usia yang sudah menua, sehingga dibutuhkan tempat "pembuangan" pesawat.

Di Amerika ada sebuah tempat yang diberi nama Boneyard, yang merupakan tempat pembuangan pesawat-pesawat tua dan tidak layak terbang lagi. Khususnya bagi pesawat tempur yang telah membantu pertahanan maupun dalam peperangan.


Seperti pesawat F-86 Sabre yang telah dipensiunkan,. Banyak kenangan yang bisa diambil dari "bangkai" pesawat tersebut, seperti yang diucapkan Kolonel Bill Hosmer, yang sangat mengagumi pesawat tersebut kala masih terbang.

"Saya belum pernah merasa dekat dengan salah satu dari pesawat ini sebelumnya. Tentunya, masih ada pesawat dalam kondisi lebih bagus lagi," ucap Hosmer yang kami kutip dari Business Insider.

Kini pesawat-pesawat itu sudah lapuk dan "dimakan" cuaca, sehingga banyak cat yang terelupas di sana sini, seperti apakah penampakan kuburan pesawat Boneyard tersebut, mari kita simak dalam foto-foto berikut yang kami kutip dari Business Insider:

Kolonel Bill Hosmer, di depan pesawat tempur F-86 Sabre.
Boeing YAL-1 Airborne Laser Testbed yang penuhi burung.
C-141 yang telah 40 tahun beroperasi.
Pesawat tempur F-4 Phantoms and T-38 Talons.
Pesawat bomber B-66.
Deretan pesawat tempur yang sudah tidak terpakai di Boneyard.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel