Hal-hal "Gila" yang Ada di China

Pelari menggunakan masker akibat tingginya polusi di China. (http://www.businessinsider.com)
Selama satu dekade terakhir, perekonomian China tumbuh pesat. Peningkatan harga properti, kenaikan bahan makanan, dan investasi melaju di batas aman. Semuanya dilakukan demi peningkatan ekonomi dan menjadi penguasa dunia.

Pertumbuhan orang kaya di China pun sangat pesat. Namun terkadang hal tersebut memberikan efek samping yang tidak diinginkan. Ketatnya persaingan, stres, hingga bunuh diri, menjadi hal yang wajar dan ditemui hampir setiap hari.


Bagitu banyak hal-hal yang bisa dikatakan "gila" di China, baik itu oleh masyarakat, pekerja, maupun aparat pemerintahannya. Berikut Hal-hal "gila" di China yang kami kutip dari Business Insider:

1. Jaring di gedung perkantoran
Di gedung di mana Foxconn memperkerjaan pegawainya, ada sebuah jaring pengaman, yang digunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pekerjanya, seperti melompat keluar karena stres.

2. Pemadam kebakaran pencegah pembakar diri
Banyak kasus di mana membakar diri menjadi bentuk protes, terutama pada saat transisi pemerintahan di Beijing. Sehingga petugas pemadam kebakaran banyak yang mencegahnya.

3. Kenaikan konsumsi daging babi
Kini, China menjadi negara tertinggi yang mengkonsumsi daging babi, setelah sebelumnya dipagang oleh Amerika.

4. Pengantin hantu
Pencurian makam di China kian marak, hal tersebut guna memenuhi kebutuhan akan "pernikahan hantu," di mana pasangan akan menikahi seseorang yang telah mati.

5. Penyanyi pengganti
Seseorang yang tampil cantik namun tidak memiliki suara bagus, akan digantikan suaranya oleh mereka yang memiliki suara bagus. Tentunya ini dilakukan demi popularitas.

6. Pemakamam di laut
Harga tanah yang mahal, membuat pemerintah berpikir keras untuk memberikan fasilitas pemakaman. Dan laut dijadikan alternatif bagi mereka yang kurang mampu untuk melakukan pemakaman di darat.

7. Toko palsu
China merupakan negara dengan tingkat plagiat paling tinggi, tak heran jika ada toko dengan merek terkenal merupakan tiruannya, seperti Apple store, yang jelas-jelas palsu.

8. Pengambil-alihan lahan
Kebutuhan akan tanah yang tinggi untuk infrastruktur, membuat pemerintah melakukan apapun, termasuk "menjarah" tanah yang akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

9. Bercerai hindari pajak properti
China mengumumkan 20 persen pajak kepada siapapun yang mempunyai rumah. Tapi bagi pasangan yang ingin memiliki dua rumah, harus berpikir ulang, bahkan percerain bisa menjadi tujuannya.

10. Pembangunan gedung yang kurang aman
Gedung di China berkembang sangat pesat, termasuk apartemen, tapi tidak sedikit yang kurang memperhatikan dampak, ataupun kurang ketatnya prosedur dalam pembangunan.

6 Responses to "Hal-hal "Gila" yang Ada di China"

amalia kartini said...

Pertumbuhan ekonomi di cina perlu dicontoh di indonesia.banyak home industri disana membuat tingkat pengangguran berkurang karena menyerap tenaga kerja.efeknya persaingan bisnis menjadi ketat.....salut untuk cina.....kapan negara kita bisa seperti itu

RSmoothie said...

Boleh sih jadi negara maju spt cina tapi juga jangan edan seperti artikel di atas dimana unsur ketuhanan sama sekali diabaikan..saking pintarnya jadi seperti kembali ke jaman jahiliyah..naudzubillah.. Segala sesuatu tetap harus kembali ke akarnya yakni ajaran agama yang di anut suatu kaum/bangsa.

Anindita Hendra said...

yg pemakaman di laut itu maksudnya dikubur di dasar laut apa jenazahnya dihanyutkan gitu aja?

Zegaisme said...

wah pernikahan hantu. seram amat itu.
hal gila lainnya, hape cina malah terkenal di indonesia. bukan di negara asalnya. haha

anang riyanto said...

orang cina aneh aneh gitu ya
INILAH Misteri Pembunuhan 99 Suami Di Malam Pertama Dengan Kelamin Beracun

Kumpulan FOTO Pembantain Warga Oleh Densus 88 Art Teror [SUNGGUH KEJAM] 

Inilah 12 Cadangan Militer Indonesia yg akan maju kalo Indonesia jd perang Dengan Australia

Endy Irwanto said...

Perlu ditambahkan no 11. Bangsa Pemakan Segala
Ada yg mengatakan Bangsa China suka makan apa saja selama itu tidak membahayakan kesehatan, bahkan ada anekdot, kursipun jika bisa akan dimakan, bagaimana..??

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel