5 Alasan Anda Harus Mengonsumsi Bawang

Bawang. (sumber)
Bawang merupakan sayuran yang banyak kita temui. Bawang banyak digunakan sebagai bumbu makanan atau penyedap dalam makanan. Hampir seluruh masakan di Indonesia, selalu memakai rempah yang satu ini.

Bawang termasuk dalam anggota keluarga Allium. Bawang kaya akan sulfur, yaitu senyawa yang bertanggung jawab terhadap bau yang menyengat, namun bawang mempunyai efek bagi kesehatan manusia.

5 Manfaat tersebut di antaranya yang kami kutip dari Fitnea:

Manfaat kardiovaskular

Ada bukti bahwa senyawa sulfur dalam bawang sebagai anti pembekuan, dan membantu mencegah penggumpalan sel-sel darah. Sulfur juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dan meningkatkan fungsi membran sel dalam sel darah merah. Manfaat bawang secara keseluruhan adalah sebagai pencegahan serangan jantung.

Bagus bagi tulang dan jaringan ikat

Penelitian pada manusia menunjukkan bahwa, bawang merah dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda, dan kemungkinan memiliki manfaat khusus pada wanita usia menopause, yang mengalami kehilangan kepadatan tulang. Ada bukti bahwa wanita yang telah melewati usia menopause, mungkin dapat menurunkan risiko patah tulang pinggul dengan memakan bawang setiap hari.Kandungan sulfur yang tinggi pada bawang dapat memberikan manfaat langsung kepada jaringan ikat Anda, karena banyak komponen jaringan ikat Anda memerlukan sulfur untuk pembentukannya.

Anti inflamasi

Sayuran allium ini terbukti merespon sebagai anti inflamasi. Sebuah molekul sulfur yang unik, ditemukan di bagian umbi bawang, terbukti dapat menghambat aktivitas sel-sel darah putih, atau makrofag yang memainkan peran utama dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Dan salah satu kegiatan pertahanan mereka adalah memicu respon inflamasi skala besar.

Perlindungan dari kanker

Bawang telah terbukti menurunkan risiko beberapa jenis kanker, bahkan ketika Anda mengkonsumsinya hanya dalam jumlah sedang. Kolorektal, laring dan kanker ovarium adalah jenis kanker yang mampu dikurangi saat mengonsumsi bawang.

Manfaat kesehatan lainnya

Bawang telah menunjukkan potensi untuk perbaikan keseimbangan gula darah dan membantu mencegah infeksi bakteri. Seiring dengan senyawa sulfur, quercetin flavonoid yang ditemukan dalam bawang, membantu memberikan manfaat antibakteri.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel