Bakteri Perut Ubah Cokelat Hitam Jadi Obat Alami

Cokelat hitam. sumber
Suka dengan cokelat hitam? Kini Anda tidak perlu ragu dan khawatir saat mengonsumsinya. Karena ilmuwan telah mengetahui, kenapa cokelat hitam sangat baik bagi tubuh. Terutama bagi mereka yang mempunyai riwayat penyakit jantung.

Bukan hanya untuk penyakit jantung saja, cokelat hitam juga mampu mengurangi tekanan darah dalam pembuluh darah. Hal ini terjadi karena proses fermentasi, yang dilakukan oleh bakteri di dalam perut.

Di saluran pencernaan terdapat dua jenis bakteri, yaitu baik dan buruk. Bakteri seperti Bifidobacterium dan bakteri asam laktat, sangat menyukai cokelat. Ketika kita memakan cokelat, maka bakteri ini akan tumbuh  dan menghasilkan zat anti-inflamasi.

Ketika zat ini diserap oleh tubuh, maka ia akan mambantu dalam perbaikan pembuluh darah yang rusak, serta membantu Anda yang mempunyai penyakit jantung. Keunggulan lainnya dari cokelat hitam adalah, anti-inflamasi yang dihasilkan, seperti antioksidan polifenol yang menghasilkan catechin dan epicatechin dalam ukuran kecil, sehingga mudah diserap oleh tubuh.

"Ini polimer yang lebih kecil, menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang mudah diserap. Mereka membantu mengurangi peradangan jaringan kardiovaskuler, dan mengurangi risiko stroke," ucap Dr John Finley dari Louisiana, yang menjadi pimpinan dalam riset ini.

Menggabungkan cokelat hitam dengan buah-buahan deperti delima atau acai berry, juga akan meningkatkan manfaatnya.


Sumber: Daily mail
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel