Rekor Baru Penyelaman Paus Tercatat Ilmuwan

Paus merpati atau Cuvier.
Banyak perilaku paus yang masih menjadi misteri bagi peneliti, terutama apa yang mereka lakukan saat menjelajahi lautan. Mamalia yang satu ini hanya bisa diselidiki saat dekat dengan pantai, atau setelah terdampar.

Ilmuwan di Amerika sangat tertarik meneliti perilaku raksasa yang satu ini. Terutama paus merpati, yang masih menjadi misteri, tentang seberapa jauh paus mampu menyelam.

Dalam sebuah jurnal PLoS ONE yang diterbitkan, diperlihatkan bagaimana perilaku hewan laut ini. Walaupun untuk mempelajarinya sulit, namun mereka berhasil melakukan beberapa catatan menarik.

Salah satunya, paus merpati yang mampu menyelam sekitar 3.000 meter di bawah permukaan laut. Bahkan paue terbesar saja, paus kepala kotak atau paus sperma hanya mampu menyelam di kedalaman 2.200 meter. Sungguh catatan yang luar biasa.

Ilmuwan memberikan mengatakan ini adalah penyelaman spektakuler, yang bisa dilakukan mamalia. Dan mereka bisa menahan nafas dalam jangka waktu yang lama. Kemungkinan mereka menyelam di kedalaman tersebut untuk mencari makan, seperti cumi-cumi.

Mamalia laut ini memiliki tulang iga yang dapat dilipat, paru-parunya mampu mengkerut untuk mengurangi kantung udara. Sehingga paus ini terhindar dari kerusakan saraf akibat tekanan yang tinggi.

Ini merupakan salah satu misteri yang terpecahkan, dari banyak misteri yang menyelimuti paus pilot ini atau yang dikenal sebagai paus Cuvier.


via National Geographic
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel