Pesawat Mata-mata Diduga Milik Korut Jatuh di Wilayah Korsel

Pesawat yang diduga mata-mata Korea Utara.
Korea Selatan (Korsel) merilis gambar sebuah pesawat tak berawak atau UAV yang mendarat di wilayahnya, yang diyakini sebagai misi pengintaian dari tetangga mereka, Korea Utara (Korut). Pesawat tersebut ditemukan oleh pencari ginseng liar pada tanggal 3 April lalu.


Pesawat tersebut ditemukan di pegunungan dekat Samcheok, di provinsi Gangwon. Dalam dua minggu terakhir, Korsel menemukan 3 pesawat kecil yang diyakini sebagai UAV, ini tentu menjadi kekhawatiran, karena Korut bisa saja mengadopsi teknologi untuk menteror Korsel.

UAV tersebut dilengkapi dengan sebuah kamera digital yang umum di pasaran, yaitu Canon yang harganya hanya beberapa juta saja. Ketiga UAV tersebut di cat berwarna biru, dan kemungkinan membutuhkan biaya puluhan juta untuk membuatnya. Dan mempunyai panjang 1,8 meter dengan lebar 1,3 meter.

Dalam data foto yang telah diambil pesawat tanpa awak tersebut, memperlihatkan ratusan gambar di antaranya terdapat foto komplek presiden Korea Selatan di Seoul. Dengan penemuan ini, keamanan pun ditingkatkan.

Pada bulan Juni lalu, Pemimpin Korut Kim Jong Un, merilis film dokumenter yang memperlihatkan dirinya tengah mengecek pesawat tanpa awak yang dikembangkan negaranya.

"Jika Korea Utara bertanggung jawab, kami akan meresponnya dengan tindakan tegas, termasuk pelanggaran hukum wilayah udara," kata Kwan Oh-han, Seorang mayor jenderal Angkatan Darat di JCS.

via Daily Mail
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel