Petani Gunakan Panel Surya untuk Mengisi Baterai Laptop

Petani membawa panel surya menggunakan keledai.
Di zaman yang serba canggih ini, setiap orang bisa dengan mudah mengakses internet. Baik itu lewat telepon pintar, tablet, maupun laptop. Hanya saja satu kelemahannya, gadget tersebut membutuhkan tenaga listrik.

Dan jika jauh dari sumber listrik, gadget tersebut tidak bisa digunakan, dan tidak bisa mengakses internet. Tetapi bagi seorang petani asal Turki ini, ia tidak kehabisan akal untuk bisa mengisi baterai laptopnya yang digunakan saat bertani, dan jauh dari sumber listrik.

Petani ini menggunakan panel surya, yang terpasang di keledai dan selalu dibawanya saat melakukan pengecekan ke lahan pertaniannya, yang jauh dari sumber listrik.

Teknologi panel surya ini akan membuat cahaya matahari menjadi sumber listrik, yang disimpan di dalam baterai besar sebagai tempat penyimpanannya. Panel surya yang digunakan petani ini juga mampu menghasilkan listrik sebesar 5 hingga 7 kilowatt, dan itu cukup banyak untuk mengisi baterai laptop maupun smartphone.

Selain ramah lingkungan, panel surya juga sangat mudah dibawa kemana-mana, dan juga bisa digunakan untuk menerangi sebuah rumah. Di Turki sendiri, khususnya di provinsi Izmir, selatan Turki, panel surya cukup diminati. Walaupun harga untuk membelinya cukup mahal, sekitar Rp14 juta untuk satu panel dengan baterainya.

Para petani di sana tidak ingin ketinggalan berita ataupun informasi yang berharga bagi pertaniannya. Sehingga mereka melakukan apapun juga yangbisa bermanfaat bagi mereka.


via Daily Mail
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel