Fenomena Aneh Akibat Pemanasan Global, "Pohon Mabuk"

Pohon-pohon di hutan tumbang bagaikan sedang mabuk.
Baru-baru ini ilmuwan dibingungkan oleh kemunculan lubang misterius di Rusia. Mereka percaya, jika lubang tersebut dihasilkan oleh ledakan gas metan di dalam tanah yang terperangkap selama ratusan tahun.

Tapi keanehan tidak berakhir sampai itu saja. Beberapa kejadian misterius juga membingungkan ilmuwan, seperti pohon-pohon di hutan tumbang begitu saja dan disebut " hutan mabuk", yang  terjadi di Alaska, dan kemungkinan disebabkan oleh melelehnya es di Arktik.

Berdasarkan penelitian dari David Biello, peneliti dari Amerika, temperatur di Arktik sedang menghangat. Di mana menghangatnya suhu di sana, dua kali lebih cepat dari pemanasan yang terjadi secara keseluruhan.

Kemungkinan itulah, pohon-pohon yang berada di hutan Fairbanks, Alaska tampak seperti "mabuk", bertumbangan begitu saja. Hal ini disebabkan tanah yang membeku atau biasa disebut Permafrost mulai mencair, tempat pohon-pohon ini berdiri, mulai ikut mencair, sehingga tanah yang tadinya kokoh, tidak lagi mampu menopang beratnya beban. Sebagian pohon masih berdiri, dan sebagian lagi tumbang.

Hal ini tentu mengkhawatirkan, karena Arktik sendiri merupakan tempat penyimpanan terbesar gas metan di dunia yang tersimpan di dalam Permafost. Sehingga selain menyebabkan pohon mabuk, permafost yang mencair, bisa melepaskan gas metan yang terperangkap di dalam tanah.

Dan jika 1.400-1.850 miliar ton gas metan keluar, maka bisa dipastikan Bumi akan sangat panas untuk ditinggali. Namun apakah hal itu bisa terjadi, hanya manusia yang bisa memastikannya, jika masih terus mencemari Bumi, maka Bumi akan menjadi tidak ramah untuk ditinggali.


via Daily Mail
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel