Kenapa Jam 3 Pagi Sangat Menakutkan?

Ilustrasi jam 3 pagi.
Di dalam film-film Hollywood, jam 3 pagi hari merupakan saat yang tepat untuk pengusiran roh-roh jahat. Karena pada saat jam itu, roh-roh jahat dan setan, berada di dalam fase paling kuat. Jam 3 pagi juga sering diidentikkan dengan jamnya para setan.

Ada keyakinan lain juga, terutama di umat Kristiani, jika jam 3 pagi merupakan ejekan untuk kematian Tuhan mereka. Karena semua peradaban mengarak ke barat, sehingga jam 3 selalu diidentikkan dengan sebuah fenomena menakutkan.

Banyak dilaporkan hal-hal aneh terjadi antara jam 03:00 sampai 04:00. Orang-orang telah melaporkan, merasa ada sensasi aneh dalam tubuh atau pengalaman yang aneh. Beberapa telah menemukan pintu yang terbuka, sementara lainnya telah merasakan kehadiran seseorang ketika sedang sendirian.

Namun Perlu dicatat bahwa, jam 3 pagi adalah jam ketika Anda berada di tingkat tidur terdalam. Hal ini secara psikologis disebut sebagai REM (Rapid Eye Movement) dalam tahap tidur. Ini adalah tahap ketika kita bermimpi.

Orang yang memiliki kebiasaan begadang sampai akhir jam tersebut, benar-benar merampas kebutuhan tubuhnya terhadap tidur. Tetapi tubuh Anda secara otomatis akan menyerah, dan tidur. Ini bisa menjelaskan, bagaimana kita meninggalkan jendela dalam keadaan terbuka, atau berjalan ke kamar mandi.

Pada saat itu, otak mulai memproses lingkungan yang agak berbeda. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah sensasi dalam tubuh. Kadang-kadang, selama tahap tidur terdalam, orang mengalami apa yang dikenal sebagai 'Hag Fenomena' atau Sleep Paralysis.

Tubuh menutup sinyal motorik tertentu selama tidur di tahap REM, untuk mencegah kita bergerak dan keluar dari mimpi. Namun, kadang-kadang sebagai otak kita bergerak melalui tahapan tidur dan kembali ke fase tidur ringan, ada jeda sesaat di mana pikiran kita tersadar.

Pada tahap ini, tubuh bisa merasakan beberapa sensasi seperti ketidakmampuan untuk menggerakkan tangan atau kaki, ketidakmampuan untuk berbicara, tekanan di dada, reaksi teror atau panik, halusinasi pendengaran atau visual dan perasaan.

Jelas, sensasi ini bisa dicampur dengan semua kepercayaan, takhayul dan cerita yang membuat kita percaya bahwa, kita kerasukan setan atau roh-roh. Cerita rakyat inilah yang dahulu memberikan penjelasan untuk sensasi ini.

Jadi, itu adalah kekuatan pikiran kita yang menciptakan setan dan roh-roh jahat, tidak ada yang lain.

via Boldsky
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel