10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Diabetes.
Diabetes adalah keadaan di mana kadar gula darah sangat tinggi sekali. Hal ini ini dikarenakan hormon insulin tidak bisa bekerja secara efektif. Dan penyakit ini membuat penderitanya tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan.

Meskipun tidak ada pantangan dalam makanan yang akan dikonsumsi, jumlahnya harus dibatasi. Sehingga membuat penderita diabetes tidak mengalami kenaikan kadar gula darah secara terus menerus, yang bisa membahayakan nyawa.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang harus dikurangi bahkan jangan pernah dikonsumsi. Dan menguranginya bisa membuat kadar gula darah tetap normal. Berikut adalah 10 makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

1. Buah Kering
Meskipun buah kering kaya akan nutrisi dan serat, namun sangat tinggi sekali kadar gulanya. Jika Anda ingin mengonsumsi buah, pilih yang segar terutama blewah, peach, dan stroberi.

2. Minuman Kopi dengan Rasa
Kopi sangat baik bagi kesehatan, namun jika Anda membeli kopi instan yang sudah mengandung gula, itu tidak baik dan berbahaya terutama bagi penderita diabetes.

3. Daging Potong Tinggi Lemak
Jika Anda ingin mengonsumsi daging dan sedang menderita diabetes, pilih daging yang rendah lemak. Daging potong tinggi lemak hanya akan meningkatkan kolesterol Anda, apalagi ditambah dengan diabetes bisa menyebabkan serangan jantung. Pilih kalkun, ayam tanpa kulit atau ikan jika Anda ingin daging.

4. Makanan Goreng
Makanan yang digoreng menyerap banyak sekali minak, yang berarti akan menambah kalori di dalamnya. Selain itu, tingkat LDL atau kolesterol jahat juga meningkat. Jadi, hindari jenis makanan yang satu ini ya.

5. Susu Tinggi Lemak
Seperti makanan berlemak lainnya, susu yang menandung lemak tinggi juga sangat tidak baik bagi penderita diabetes.

6. Jus Buah
Jus buah yang beredar di pasaran saat ini, hampir sebagian besar terdiri dari air dan gula. Sementara ekstrak buahnya hanya kecil sekali. Jadi, jus buah dengan merek apapun, karena kandungan gula yang tinggi. Ambil buah segar jika Anda ingin memakannya.

7. Makanan Olahan
Sosis, nugget, atau mi instan mengandung banyak sekali bahan-bahan yang tidak baik bagi kesehatan seperti pengawet, pemanis buatan, pewarna, hingga sodium. Makanan olahan juga memiliki tingkat glikinasi yang tinggi.

8. Pasta, Roti dan Beras
Makanan-makanan pokok seperti beras, roti atau pasta terbuat dari pati yang mengandung gula sangat tinggi. Anda bisa menggantinya dengan beras merah atau hitam, namun harus diingat bagi penderita diabetes, konsumsi dalam jumlah sedikit saja dengan perbandingan seperempat porsi dalam setiap waktu makan.

9. Sayuran Berakar
Bagi penderita diabetes atau pradiabetes, makan sayuran berakar seperti ubi jalar, kentang, wortel, lobak, talas dan ubi menjadi masalah karena mereka adalah sumber gula dan pati, dengan serat yang rendah. Makanan ini bisa menyebabkan lonjakan insulin dalam tubuh.

10. Makanan Kaya Gula
Permen, soda, makanan pencuci mulut dan makanan lain yang terutama terbuat dari gula dianggap sebagai karbohidrat berkualitas rendah. Makanan ini kurang memiliki nilai gizi, dan juga dapat menyebabkan lonjakan tajam kadar gula darah Anda dan menyebabkan masalah berat badan, yang keduanya dapat memperburuk komplikasi diabetes.

Makanan-makanan di atas dihindari bukan hanya untuk mereka yang terkena diabetes saja, tetapi bagi Anda yang sehat harus dikurangi. Jadi, bijak dalam meilih makanan yang sehat bagi Anda ya.

Foto: 1mhealthtips.com
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel