Masak Nasi dengan Minyak Kelapa, Khasiatnya Menakjubkan

Nasi dan minyak kelapa.
Nasi menjadi salah satu makanan pokok di sebagian besar negara. Meskipun banyak orang kini mencoba menjauhkan nasi atau setidaknya mencoba mengurangi konsumsi nasi putih, karena kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi di dalamnya.

Tapi jika Anda seorang pecinta nasi putih, semua usaha Anda untuk mengurangi ketergantungan terhadap nasi bisa gagal. Jika begitu, bagaimana jika Anda mencoba metode yang bisa membuat nasi putih sedikit lebih sehat.

Nah, apakah Anda pernah merebus nasi dengan minyak kelapa? Metode ini memang terdengar aneh dan tidak masuk akal. Tapi baca dulu penjelasannya di bawah ini. Dan juga minyak kelapa jenis apa yang bisa membuat nasi lebih sehat.

Metode merebus nasi dengan minyak kelapa ini kami ambil dari situs boldsky.com. Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana caranya? Ikuti metode dibawah ini.

Ambil satu cangkir nasi putih dan bersihkan, lalu tambahkan dua gelas air, bisa menggunakan penanak nasi listrik. Tambahkan satu sendok makan minyak kelapa murni (atau biasa kita sebut VCO), dan masak selama 25 menit. Simpan nasi yang telah jadi di lemari es selama 10-12 jam.

Metode ini bisa mengurangi kalori di dalam nasi hingga 10-50 persen, tergantung varietas beras yang digunakan. Semakin bagus beras yang digunakan--seperti beras merah--, maka kalori yang terkandung di dalamnya bisa berkurang lebih banyak.

Mengapa menambahkan minyak kelapa ke dalam nasi saat memasak? Nah, nasi putih bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Tapi menambahkan minyak kelapa, bisa mengurangi lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba saat dikonsumsi.

Metode memasak nasi dengan minyak kelapa dan proses pendinginannya selama berjam-jam setelah memasak, bisa mengubah komposisi kimia nasi.

Metode ini dikatakan bisa mengubah pati yang mudah dicerna menjadi pati tahan, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dimetabolisme. Begitulah metode ini dikatakan membantu mencegah akumulasi lemak yang tidak diinginkan.

Selain itu, pati tahan lama juga bekerja dengan baik sebagai probiotik. Beras yang dimasak dengan metode ini bekerja seperti prebiotik. Ini bagus untuk kesehatan dan kekebalan tubuh Anda.

Metode ini sebenarnya cocok untuk digunakan pada beras merah, yang jauh lebih sehat.

Foto: boldsky.com.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel