Lima Makanan yang Harus Dikonsumsi Penderita Wasir

Penyakit wasir.
Wasir yang dikenal sebagai haemorrhoids, adalah kondisi di mana pembuluh darah di rektum bawah atau anus meradang. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air besar. Wasir terdiri dari dua jenis, yaitu di dalam dan di luar.

Kebanyakan orang menderita satu jenis wasir pada waktu tertentu, sementara beberapa orang dapat mengalami keduanya. Penyebab wasir yang paling umum termasuk konstipasi kronis, diare, proses kehamilan dan penuaan.

Penyakit wasir dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, pendarahan dan iritasi yang parah bahkan saat Anda tidak buang air besar. Anda perlu melakukan tindakan segera dan melihat ke dalam makanan, untuk mengatasi kondisi ini sesegera mungkin.

Ada makanan yang disetujui oleh para ahli, yang dapat membantu Anda mengatasi kondisi ini secara efektif. Pada artikel ini, kita akan bahas makanan terbaik untuk penanganan wasir yang kami kutip dari boldsky.com.

1. Makanan dari Biji-bijian Utuh. Makanan ini adalah sumber serat terbaik yang dapat membantu buang air besar, sehingga lebih mudah melewati tinja. Makanan seperti itu meliputi oatmeal, dedak sereal, pasta gandum utuh, roti whole grain dan beras merah.

2. Sayuran Daun Hijau. Ini tidak hanya tinggi serat, tapi juga mengandung antioksidan dan sederet nutrisi yang membantu proses pencernaan. Makanya, dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak kecambah bayam, kangkung dan Brussel dalam makanan Anda. Begitulah cara Anda bisa menghindari wasir secara alami.

3. Buah Segar. Dianjurkan untuk mengkonsumsi buah segar bersama dengan kulitnya, saat Anda terkena wasir. Kulit buah mengandung banyak nutrisi dan kaya serat yang membantu pencernaan. Apel, kismis, blueberry dan anggur adalah buah yang paling cocok untuk mengatasi wasir.

4. Kacang. Dianjurkan untuk mengonsumsi banyak kacang, karena tinggi serat dan nutrisi. Ini harus menjadi bagian dari makanan sehari-hari Anda. Anda bisa memilih kacang merah, kacang lima, kacang hitam, dan lainnya.

5. Air. Minum cukup air sangat penting untuk mencegah kotoran dari pengerasan. Jus buah juga memberikan efek yang sama. Selanjutnya, Anda perlu menghindari minuman seperti kopi, teh, alkohol, dan lain-lain, karena ini memiliki efek diuretik pada tubuh dan dapat menyebabkan dehidrasi.

Foto: boldsky.com
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel