Tarian Aceh yang Diikuti 10.000 Orang Mendunia

Tari Saman pecahkan rekor MURI. Foto: dailymail.co.uk.
Banyak sekali tarian khas Indonesia yang sangat indah untuk dilihat, di mana setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah tari saman dari Aceh, yang biasanya dilakukan usai panen.

Dan pada hari Minggu lalu (13 Agustus 2017), lebih dari 10.000 orang muncul di Stadion Seribu Bukit, di Kecamatan Blang Kejren, Kabupaten gayo Lues, Aceh untuk menggelar tarian tradisional ini sekaligus memecahkan rekor MURI.

Orang-orang datang mengenakan kostum tradisional hitam dan kuning, duduk berbaris dengan rapi, menepuk pundak dan berputar bergerak dalam ritme yang semakin cepat. Tarian kolosal ini pun sampai disorot dunia.

Saman atau 'tarian seribu tangan', adalah salah satu tarian yang cukup populer. Pada tahun 2011, tarian ini termasuk dalam daftar UNESCO dari warisan budaya takbenda.

Acara tersebut dilakukan bertujuan memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 sekaligus untuk menarik lebih banyak wisatawan ke Aceh.

Ribuan penonton pun berbondong-bondong menyaksikan tarian ini yang dilangsungkan di lapangan terbuka, di tengah perbukitan hijau subur di distrik Gayo Lues.

Tarian ini biasanya disertai dengan sebuah lagu yang serempak. Dan menekankan kerja sama tim, sebuah simbol kesatuan.

Salah satunya Daily Mail, yang menyoroti tarian saman tersebut, di mana ini menjadi salah satu yang fenomenal dilakukan dalam tahun ini. Apalagi sampai melibatkan penari lebih dari 10.000 orang.

Kita berharap, banyak lagi wisatawan asing datang ke Indonesia dengan disorotnya salah satu budaya yang unik ini.

0 Response to "Tarian Aceh yang Diikuti 10.000 Orang Mendunia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel