Garis Hitam di Kuku, Ternyata Ini Adalah Tanda Kanker Mematikan

Garis hitam di kuku.
Sebagian besar kita mungkin tidak pernah memedulikan beberapa tanda dari penyakit yang berbahaya, yang biasanya ditunjukkan oleh tubuh. Salah satunya adalah kuku, yang terkadang ada bintik putih, hitam atau bergaris.

Salah satunya terjadi pada seorang wanita, yang saat itu sedang melakukan perawatan untuk kuku-kukunya. Petugas kecantikan tersebut mulai curiga, saat kuku kliennya ada garis hitam yang cukup jelas.

Saat diberitahukan jika itu tanda penyakit mematikan, wanita tersebut awalnya menolak diagnosa petugas tersebut dan menganggapnya hanya lecet darah saja. Lantas penyakit apa yang ditunjukkan dari garis hitam di kuku tersebut?

Dikutip dari Daily Mail, seorang karyawan salon mendiagnosa jika garis hitam tersebut adalah gejala kanker yang mematikan.

Jean Skinner dari Essex, memberitahu kliennya jika itu adalah gejala kanker, namun ia menolaknya. Jean pun menjelaskan bahwa, garis tersebut kemungkinan indikasi melanoma--bentuk paling serius dari kanker kulit.

Garis-garis gelap di kuku bisa menjadi pertanda sejenis kanker kulit yang terjadi di bawah kuku jari, yang disebut melanoma subungual.

"Saya memiliki klien kuku kaki beberapa minggu yang lalu. Dia memiliki garis vertikal gelap lurus di kuku. Dia berkata "Saya membutuhkan warna yang cukup gelap untuk menutupi garis ini"," tulis Jean dalam status Facebooknya.

Jean tidak ingin menakut-nakuti kliennya, tetapi dia perlu segera menemui dokternya.

"Dia menelepon saya hari ini untuk memberi tahu saya bahwa, ya, garis gelap menunjukkan melanoma yang sangat agresif, dan itu telah menyebar ke kelenjar getah beningnya. Prognosisnya tidak baik," tambah Jean.

Lebih dari 70.000 orang didiagnosis menderita melanoma setiap tahun di Amerika Serikat, perkiraan American Cancer Society. Di Inggris jumlahnya sekitar 13.300 orang per tahun, menurut Cancer Research.

Perhatikan perubahan kuku

Gejala yang kebanyakan orang pikirkan saat memikirkan kanker kulit, adalah perubahan penampilan pada tahi lalat dan munculnya benjolan dan borok. Jean memperingatkan orang untuk memperhatikan perubahan di kuku mereka juga.

"Tolong perhatikan kelainan pada kuku Anda! Perubahan yang aneh di kuku Anda kemungkinan besar tidak perlu dikhawatirkan! Tapi terkadang itu merupakan indikasi penyakit yang sangat serius," katanya.

Foto: dailymail.co.uk.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel