Resep Roti Goreng Sederhana di Rumah

Resep roti goreng sederhana.
Jajanan pasar adalah aneka kue yang dijajakan di pasar dengan harga murah. Berbagai macam jajanan mulai dari lontong sampai kue-kue tradisional biasanya banyak diburu pembeli untuk cemilan pagi hari. Tidak ketinggalan dengan roti goreng, yang sering banyak diminati pembeli. Selain harganya yang murah, roti goreng juga enak dan mengenyangkan.

Mungkin kita terbiasa membeli, namun tidak ada salahnya untuk mencoba membuat goti goreng sendiri di rumah dengan resep sederhana. Karena mudah dan bisa dibuat kapanpun kita mau.

Sebelum membuat roti goreng, kita harus membuat bahan biangnya, dengan bahan-bahan berikut:

100 ml air hangat kuku (tidak boleh panas)
1 sendok teh ragi instan
3 sendok teh gula pasir

Dan untuk membuat roti goreng bahan-bahan yg diperlukan adalah:

20 sendok makan tepung terigu protein tinggi
1 butir telur
1 sachet susu bubuk
3 sendok makan margarin

Tepung panir secukupnya untuk baluran
Minyak secukupnya untuk menggoreng roti

Untuk isian bisa apa saja, namun umumnya menggunakan cokelat sebagai isian. Di sini kita coba menggunakan dark cokelat

Langkah pertama, yang harus dilakukan adalah mencampur semua bahan biang sampai berbusa dan tunggu selama 15 menit. Jika lebih dari 15m enit bahan biang tidak berbusa, itu berarti ragi mati dan jika digunakan, maka roti akan bantet atau tidak mengembang.

Kedua, siapkan wadah kemudian campurkan tepung terigu, susu bubuk,  dan telur. Setelah itu masukan bahan biang, aduk hingga rata, lalu tambahkan mentega. 

Ketiga, uleni dengan cara dibanting-banting dan seperti sedang mencuci baju. Uleni kurang lebih 10 menit hingga adonan benar-benar kalis.

Keempat, setelah adonan kalis, letakan dalam wadah dan ditutup dengan serbet. Kemudian istirahatkan adonan selama 30 menit.  Adonan akan cepat mengembang apabila suhu panas, sedangkan adonan akan lebih lama mengembang apabila suhu dingin. 

Kelima, setelah adonan mengembang 2 kali lipat, kempiskan adonan dan uleni kembali selama 10 menit lalu membagi adonan menjadi beberapa bagian.

Keenam, isi adonan dengan cokelat. Kemudian celupkan adonan kedalam air dan gulingkan kedalam tepung panir hingga merata. Lakukan sampai adonan habis, dan istirahatkan kembali selama 30 menit.

Ketujuh, nyalakan kompor dan panaskan minyak secukupnya. Menggoreng roti dengan menggunakan api kecil agar matang merata sampai kedalam. Menggoreng roti dengan cara 1 kali balikan, agar roti tidak banyak menyerap minyak

Bagaimana menurut anda? Cukup mudah bukan? Bahan yang digunakanpun mudah didapat. Silahkan mencoba di rumah, dan anda bebas menentukan toping sesuai selera Anda.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel