5 Tips Penting Agar Tidak Buta Usai Lama Menatap Layar

Menatap layar komputer.
Sebuah kejadian mengejutkan terjadi, di mana seorang wanita asal China yang baru berusia 21 tahun mengalami kebutaan parsial, setelah dia terus-menerus memutar video game selama 24 jam berturut-turut.

Selain itu, dia juga senang bermain game online hingga kehilangan penglihatan mata kanan. Dia didiagnosis menderita oklusi arteri retina (RAO), yang merupakan kondisi yang ditemukan pada orang tua. Ini adalah kasus yang sangat jarang terjadi pada orang muda.

Wanita tersebut mengatakan, bahwa masalah itu mungkin disebabkan karena bermain game tanpa jeda. Dia juga mengatakan bahwa dia terlalu asyik dengan gamenya hingga lupa makan. Banyak anak muda saat ini, juga menderita ketegangan mata saat berada di depan komputer

Mengingat hal ini, pada artikel kali ini kami telah mencantumkan beberapa tip terbaik untuk menghilangkan ketegangan mata akibat berada di depan komputer. Jadi, baca tips mengatasi ketegangan mata di depan komputer yang kamu kutip dari boldsky.com.

1. Pemeriksaan Mata Komprehensif
Memeriksakan mata secara komprehensif sangat penting, yang harus Anda lakukan untuk mencegah atau mengobati masalah penglihatan. Setidaknya lakukan satu tahun sekali, jika Anda memang selalu berada di depan komputer sepanjang tahun.

2. Gunakan Pencahayaan yang Tepat
Tekanan mata sering disebabkan oleh cahaya terang yang berlebihan, yang berasal dari luar ruangan atau karena pencahayaan di dalam ruangan. Bila Anda menggunakan komputer, pencahayaan sekitar Anda harus setengah dari yang ada di dalam kantor.

3. Minimalkan Glare
Menatap komputer terus menerus bisa menyebabkan ketegangan pada mata. Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang layar anti-silau pada monitor. Jika Anda memakai kacamata, maka belilah lensa yang memiliki lapisan anti refleksi.

4. Berkedip Lebih Sering
Berkedip sangat penting jika Anda bekerja dengan komputer. Berkedip bisa melembabkan mata Anda, sekaligus untuk mencegah kekeringan dan iritasi. Ini adalah salah satu tip terbaik, untuk menghilangkan ketegangan mata komputer.

5. Istirahat Lebih Sering
Untuk mengurangi risiko sindrom penglihatan komputer, Anda perlu sering-sering beristirahat selama hari kerja dalam beberapa menit saja. Menurut sebuah penelitian, ditunjukkan bahwa pekerja komputer yang mengambil jeda hingga lima menit, agar tekanan pada mata berkurang secara signifikan. Ini adalah salah satu tip paling berguna, yang akan memberi tahu bagaimana menangani ketegangan mata akibat komputer.

Foto: boldsky.com
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel