Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok dengan Daun Jambu

Daun jambu.
Siapa pun bisa mengalami masalah rambut, terutama rambut rontok meskipun sudah menggunakan produk yang diklaim bisa mencegahnya. Syukurlah, ada pengobatan di rumah yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa bahan kimia yang bisa memperburuk masalah ini.

Dan salah satu pengobatan yang patut Anda coba adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Jambu dikenal sebagai buah eksotis yang manis dari Meksiko dan Amerika Selatan dan Tengah. Buah ini sangat bergizi dengan tiga kali asupan vitamin C harian yang disarankan, bersamaan dengan vitamin A, serat, potassium, dan lycopene.

Lantas seperti apa pengobatan rambut rontok dengan daun jambu biji? Berikut adalah cara yang tepat yang bisa Anda gunakan.

Daun Jambu untuk Rambut Anda

Menggunakan ekstrak daun jambu biji dan mengoleskannya ke rambut, bisa membuatnya lebih lembut dan berkilau. Tapi bagi orang yang kehilangan rambut alias rambut rontok, daun jambu biji bisa membantu menumbuhkan dan menebalkannya kembali.

Daun jambu efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut karena membantu mengatasi masalah kulit kepala, yang merupakan penyebab umum rambut rontok. Daun jambu memiliki khasiat penyembuhan, termasuk antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan antibakteri - semuanya berkontribusi pada kesehatan kulit kepala yang lebih baik.

Untuk menggunakan daun jambu biji untuk rambut Anda, inilah hal-hal yang Anda butuhkan:

  • Segenggam daun jambu dari pohonnya
  • Satu liter air
  • Saringan
  • Sebuah pot


Berikut adalah langkah-langkah untuk mempersiapkan penumbuh rambut:

  • Tambahkan satu liter air ke dalam panci.
  • Tempatkan panci di atas kompor dan biarkan mendidih.
  • Saat air mendidih, saatnya menambahkan daun jambu biji.
  • Biarkan daun mendidih dalam air selama sekitar 20 menit.
  • Gunakan saringan untuk mengambil cairan.
  • Biarkan cairan mendingin sebelum mengoleskan ke kulit kepala Anda.

Pastikan Anda telah membersihkan rambut terlebih dulu, sebelum menggunakan larutan daun jambu biji. Anda bisa menggunakan sampo terlebih dahulu, lalu biarkan rambut Anda kering sebelum diaplikasikan.

Untuk membuatnya lebih mudah, Anda bisa membelah rambut Anda menjadi beberapa bagian saat Anda mengoleskan cairan ke rambut Anda. Pijat kulit kepala Anda selama sekitar 10 menit atau lebih jika Anda mau. Rambut Anda harus basah semua dengan air daun jambu, terutama akar dan ujungnya.

Anda bisa membersihkan atau membilasnya setelah dua jam atau bisa meninggalkannya di rambut dalam semalam. Bungkus saja dengan handuk dan Anda bisa tidur tanpa membilas. Saat membilas, gunakan air suam-suam kuku.

Dianjurkan agar Anda membuat larutan daun jambu biji tiga kali seminggu, terutama jika Anda memiliki masalah rambut rontok. Jika Anda hanya bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan rambut atau menjaga agar rambut tetap lebih kuat dan berkilau, gunakan larutan ini dua kali seminggu.

Foto: stethnews.com
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel