Gara-gara Tato, Kelenjar Getah Bening Menghitam

Kelenjar getah bening menghitam.
Banyak orang saat ini yang mulai menyukai tubuhnya dipenuhi dengan tato. Kita lihat bagaimana orang-orang mulai dari kalangan atlet hingga entertainment, memenuhi tubuhnya dengan beragam tato yang berbeda-beda.

Setiap kali ada momen berharga dalam hidupnya, mereka akan mengabadikannya di tubuh dengan tato. Namun jika Anda berniat untuk menato tubuh maka harus berpikir ulang, karena tato tidak bisa dihilangkan begitu saja.

Dan yang lebih parah, tato bisa menyebabkan kelainan dalam tubuh, akibat ketidakcocokan tinta maupun infeksi. Salah satunya wanita ini, di mana telah membuat dokter yang memeriksanya bingung usai ditemukannya sebuah benjolan.

Dikutip dari Daily Mail, dokter dibuat bingung setelah menguji wanita Australia yang awalnya dikira kanker. Wanita berusia 30 tahun itu datang ke klinik, setelah menemukan benjolan - dan dokternya menemukan kelenjar getah bening yang membesar di samping dadanya saat dipindai.

Mereka menduga dia memiliki kanker yang disebut limfoma, tetapi ketika mereka memasukkan kelenjar getah bening yang membesar di bawah mikroskop, dokter menemukan sistem kekebalan tubuhnya bereaksi terhadap pigmen hitam dari tato, yang dia dapatkan selama 15 tahun.

Kasus yang tidak biasa itu dijelaskan dalam sebuah laporan, yang dirilis di jurnal Annals of Internal Medicine pada hari Senin, 3 Oktober.

"Sembilan puluh sembilan kali dari seratus, ini adalah limfoma," kata Dr Christian Bryant, ahli hematologi di Royal Prince Alfred Hospital di Sydney, menurut CNN.

Dr Bryant mengatakan, bahwa dia dan rekan-rekannya belum pernah melihat yang seperti ini. Dia mengatakan, laporan lain menyebutkan adanya pembengkakan kelenjar getah bening berpigmen, yang telah salah mendiagnosa sebagai melanoma.

Tapi dalam kasus ini, ini adalah pertama kalinya mereka menemukan kasus di mana nodusnya cukup dalam sehingga bisa menjadi limfoma.

Dokter pun mengeluarkan nodus getah bening dari ketiaknya, dan menemukan sekumpulan sel penuh dengan pigmen hitam. Tapi dokter tetap tidak mengerti, apa yang memicu reaksi ini setelah 15 tahun.

Jadi sebelum Anda menato tubuh, pastikan hal-hal negatif yang bisa terjadi pada tubuh, termasuk alergi.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel