Ingin Diet Sehat dan Enak? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Telur.
Setiap hari kita membutuhkan asupan makanan yang seimbang, untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus mempertahankan berat badan. Tapi akan sulit sekali melakukannya, jika Anda tidak disiplin dalam melakukannya.

Jika sudah demikian, maka tubuh akan terus mengalami kenaikan berat badan, dan itu buruk bagi kesehatan. Lantas apa yang harus kita lakukan untuk mempertahankan berat badan sekaligus menjaga kesehatan setiap harinya?

Inilah yang dialami ahli gizi asal Australia, Susie Burrell yang selalu mendapatkan pertanyaan yang sama setiap hari. "Apakah saya harus menghindari roti selamanya untuk menurunkan berat badan?" atau "Apakah gula pada buah mengganggu diet saya?"

Jadi, Susie memutuskan bahwa waktunya telah tiba untuk menjawab pertanyaan paling umum yang dia dan rekan ahli gizi dapatkan setiap hari, dan jawabannya mungkin mengejutkan Anda.


Susie Burrel.
Susie mengungkapkan, bahwa tidak semua roti menyebabkan kenaikan berat badan, dan kuncinya adalah memilih yang tepat agar Anda tetap bahagia dan kenyang.

"Bungkusan besar, roti ala Turki, dan lempengan tebal berwarna putih yang sering kita konsumsi di kafe dengan mudah akan menghasilkan kelebihan karbohidrat dan kalori, jika kita tidak hati-hati," tulisnya di blognya .

Susie menyarankan untuk tetap berpegang pada satu atau dua iris roti gandum atau roti tawar, untuk memastikan asupan karbohidrat dan kalori Anda masih dalam pengawasan.

Buah juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet Anda, selama Anda memiliki jenis yang tepat.

Ini tidak berarti Anda harus memilih antara buah anggur dan semangka. Buah segar diisi dengan gula alami yang tidak akan menambah berat badan Anda, jika hanya dikonsumsi satu atau dua potong sehari.

Tapi hal yang sama tidak bisa dikatakan untuk buah dalam bentuk jus atau dikeringkan. Karena dalam kondisi ini buah dikemas dengan tambahan gula, yang direkomendasikan Susie adalah membatasi hanya lima sendok teh sehari.

Susie merekomendasikan pengecekan label, untuk memastikan bahwa apa yang Anda beli memiliki kurang dari lima gram gula per sajian, atau kurang dari 10 gram per 100 gram makanan atau minuman mengandung gula tersebut.

Hati-hati jika Anda mengonsumsi yoghurt, karena camilan bergizi ini terkadang dikemas dengan gula yang cukup tinggi. Susie merekomendasikan untuk mengonsumsi yogurt Yunani polos, terutama yang memiliki jumlah protein lebih tinggi.

"Yoghurt ala Swedia, atau quark juga sangat baik bergizi jika Anda suka rasanya," tambahnya.

Laporan terakhir tentang lemak jenuh membuat banyak orang memikirkan kembali telur untuk sarapan, tapi Susie ada di sini untuk menenangkan kekhawatiran tersebut.

"Telur adalah salah satu makanan bergizi di luar sana. Sebagai bagian dari diet seimbang, mengkonsumsi satu atau dua telur setiap hari tidak akan berdampak negatif pada berat badan atau tingkat kolesterol Anda," ucap Susie.

Sementara itu, sushi mungkin tampak seperti pilihan makan malam yang sehat, sejumlah hidangan di restoran favorit Jepang ternyata dikemas dengan karbohidrat yang cukup tinggi.

"Gulungan besar sushi yang dibuat terutama dari beras tidak bergizi seperti yang Anda duga, mengandung lebih banyak karbohidrat daripada sayuran kaya protein atau nutrisi," kata Susie.

Ahli gizi menganjurkan untuk tetap mengonsumsi sashimi, edamame, salad rumput laut, dan hanya makan satu atau dua roti beras merah ukuran kecil.

Dan ketika harus memutuskan untuk memasak dengan minyak di dapur, Susie mengatakan bahwa minyak zaitun extra virgin adalah rekomenasi yang tepat.

"Berlawanan dengan kepercayaan populer, Anda bisa memasak dengan minyak zaitun. Sebenarnya, ini adalah salah satu minyak goreng yang paling stabil untuk dimasak," katanya.

Minyak zaitun juga dikemas dengan antioksidan dan vitamin E. Diet Mediterania, yang minyak zaitun berperan besar, juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel