Bahayanya Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama

Jerawat.

Jerawat menjadi sesuatu yang menyebalkan, yang kerap muncul di beberapa bagian tubuh, terutama di wajah. Tapi yang lebih menyebalkan lagi adalah, ketika jerawat tersebut terus muncul di tempat yang sama persis di wajah Anda.

Ini bisa membuat Anda 'gila', tapi kabar baiknya adalah jerawat berulang tersebut bisa diobati dengan cara yang sama. Tentu saja, ada beberapa langkah yang harus Anda diambil, sehingga jerawat bisa berhenti muncul kembali.

Tapi mengapa jerawat bisa muncul di tempat yang sama? Sebagian besar dari kita memiliki "daerah stres", di mana setiap kali sistem kekebalan tubuh bereaksi karena infeksi, penyakit, atau stres, akan muncul jerawat di tempat yang sama. Bagaimana cara mengatasinya?

Tapi perlu Anda tahu, jika ada alasan lain mengapa Anda mendapatkan jerawat berulang di tempat yang sama:

  • Hormon penyebab jerawat, terutama saat siklus menstruasi.
  • Dinding folikular di tempat tertentu melemah.
  • Kebiasaan Anda menyentuh wajah di tempat itu.
  • Benda tertinggal di bagian kulit dalam jangka waktu yang lama yang dapat menyebabkan iritasi.

Alasan lain adalah bahwa itu bisa menjadi kista, terutama jika jerawat Anda membengkak dan tidak muncul di kulit. Cystic acne biasanya muncul di tempat yang sama, dan terbentuk seperti balon yang mengembang dan mengempis berdasarkan minyak yang dihasilkan oleh kulit.

Jika jerawat terjadi setidaknya dua kali dalam sebulan di tempat yang sama, konsultasikan dengan dokter kulit untuk memastikan bahwa itu bukan kista atau bisul. Anda seharusnya tidak memecahkannya sendiri, karena bisa menyebabkan infeksi.

Mengeluarkan isi jerawat tidak dianjurkan, terutama jika itu adalah satu yang kerap muncul. Anda tidak hanya ingin menghilangkan jenis jerawat ini, tapi ingin menyingkirkan jerawat untuk selamanya. Inilah cara mengatasinya:

1. Gunakan es.

Tahan es di daerah yang terkena jerawat selama lima menit dan lepaskan selama lima menit lagi. Ulangi minimal 30 menit. Ini adalah perawatan yang aman, yang dapat Anda lakukan sesering yang Anda bisa lakukan setiap hari sampai melihat hasilnya.

2. Gunakan masker tanah liat.

Ada klaim jika tanah liat bisa Anda gunakan. Mereka efektif dalam mendetoksifikasi kulit, sekaligus mengurangi peradangan. Mereka juga membantu melarutkan minyak dan menghilangkan penyumbatan pori-pori.

3. Gunakan asam salisilat.

Jerawat berulang bisa jadi pertanda pori-pori Anda tidak sehat dan bersih. Gunakan produk dengan asam salisilat untuk menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati, sekaligus mencegah jerawat dan menjaga kesehatan kulit.

Makanan juga bisa menyebabkan jerawat, terutama jika muncul selama menstruasi. Cobalah mengurangi makan garam dan gula dan menjaga kebiasaan sehat, seperti cukup tidur dan mengatur stres.

Foto: stethnews.com
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel