Apakah Makanan Favorit Kamu Menyebabkan Jerawat?

Makanan pemicu jerawat
Jerawat. Foto: wellnessbin.com
Kemunculan jerawat di wajah memang menjengkelkan, apalagi dalam jumlah banyak. Kita akan merasa tidak percaya diri, saat hendak bertemu dengan pacar atau teman-teman. Apalagi jerawat selalu dikonotasikan dengan rasa rindu.

Jerawat yang muncul bisa disebabkan beberapa ha, di antaranya kebersihan wajah yang buruk, hormonal, atau faktor lainnya seperti makanan. Ya, mungkin makanan yang kamu konsumsi mengandung bahan-bahan penyebab munculnya jerawat.

Cassandra Lanning, seorang ahli estetika dan ahli gizi terkenal mengemukakan komponen besar dalam hal pemicu jerawat. Ada beberapa makanan yang dapat merangsang produksi minyak, ketidakseimbangan hormon dan bahkan pembengkakan yang berakibat timbulnya jerawat.

Lalu, apa saja makanan yang bisa memicu pertumbuhan jerawat? Berikut adalah 4 makanan yang ternyata bisa menyebabkan pertumbuhan jerawat di wajah Anda.

1. Dairy atau produk susu
Karena kandungan hormon pertumbuhannya, produk susu cenderung menjadi faktor utama penyebab jerawat. Dari sudut pandang nutrisi, susu rendah dan non-lemak tidak lain hanyalah bom gula yang eksplosif.

Kandungan lemak susu ada karena suatu alasan, untuk membantu memecah vitamin A dan vitamin yang larut dalam lemak. Tanpa lemak, vitamin ini akan dibiarkan tidak terserap oleh tubuh, yang bisa membuat kulit Anda berjerawat.

2. Gula
Jerawat merupakan peradangan pada kulit, dan salah satu pemicu terbesarnya adalah gula rafinasi. Ketika gula tertelan, ini membuat kadar insulin Anda melonjak, sehingga terjadi peradangan pada sistem tubuh.

Bagi mereka yang rentan terhadap jerawat, ini berarti mendapatkan pustula baru dan segar. Yang lebih menarik adalah saat Anda menggabungkan susu dengan gula, maka itu mempercepat timbulnya jerawat. Pastikan minuman yang Anda konsumsi bebas gula, dan konsumsi gula yang baik adalah tiga sendok makan setiap hari.

3. Kacang tanah
Kacang mengandung androgen-hormon yang bisa mengiritasi folikel kulit dengan menginduksi produksi minyak, yang kemudian menimbulkan jerawat. Ini berarti bahwa selai kacang dan mente favorit Anda, diam-diam membuat Anda berjerawat dan berminyak.

4. Yodium
Yodium tidak hanya digunakan untuk luka, tapi dapat ditemukan di hampir semua makanan favorit. Iodisasi telah menjadi bahan pokok dapur, namun pemicu yang paling umum adalah dengan mengkonsumsi yodium dosis tinggi dari rumput laut.

Jadi penggemar sushi, perhatikan, karena makanan laut juga dikemas dengan yodium. Alga memang merupakan wadah lain untuk kandungan yodium tinggi. Studi telah menunjukkan bahwa, konsumsi sejumlah kecil makanan kaya yodium (sekitar 3-4 porsi dalam seminggu) tidak akan memperburuk jerawat.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel