5 Cara Mudah Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami

Asam urat. Foto: stethnews.com.
Asam urat secara medis dikenal sebagai hyperuricemia. Kadar asam urat dalam darah yang tinggi, mungkin disebabkan oleh peningkatan produksi asam dalam tubuh.

Ada juga saat, dimana ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk artritis gout, yang terjadi bila ada kristal asam urat di sendi, seringkali di jempol kaki.

Masalah lainnya adalah, meliputi batu ginjal dan gagal ginjal. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan, bahwa memiliki asam urat tinggi dalam darah, dapat meningkatkan risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Anda dapat mengontrol kadar asam urat dengan solusi alami berikut, yang kami kutip dari stethnews.com:

1. Cuka Apel
Cuka apel atau ACV ini adalah detoksifikasi alami yang bisa membuang limbah, termasuk asam urat. ACV memiliki asam malat yang bisa memetabolisme dan mengeluarkan asam urat. Menambahkan satu sendok teh ACV ke segelas air dan minum dua sampai tiga kali sehari, bisa mengembalikan keseimbangan alkali dan asam dalam tubuh.

2. Jus lemon
Anda mungkin berpikir bahwa lemon dapat membuat tubuh Anda lebih asam, tapi sebenarnya ini alkali. Cukup tambahkan jus dari satu buah lemon ke segelas air hangat, dan minum sebelum beraktivitas di pagi hari. Konsumsilah ini selama beberapa minggu.

3. Ceri
Buah kecil ini memiliki bahan kimia seperti anthocyanin, sejenis flavonoid yang bisa mengurangi peradangan, kekakuan, dan asam urat. Satu setengah cangkir ceri selama dua minggu atau lebih, dapat membantu menurunkan kadar asam urat Anda. Anda juga bisa minum satu sampai dua cangkir jus ceri selama sebulan. Selain ceri, Anda juga bisa mencari buah beri gelap, terutama yang berwarna ungu dan berwarna biru.

4. Telur
Karena mereka memiliki kandungan purin rendah, telur harus menjadi bagian dari makanan Anda, jika Anda memiliki asam urat tinggi. Pastikan Anda konsumsi telur organik untuk membantu mengurangi tingkat asam dalam tubuh.

5. Air
Dengan hanya minum banyak air, dapat membantu mengoptimalkan penyaring asam urat dalam tubuh. Air bahkan bisa membantu menghentikan serangan asam urat berulang. Sebuah penelitian di tahun 2009 menunjukkan, bahwa minum lima sampai delapan gelas air setiap hari, dapat mengurangi kemungkinan serangan asam urat sekitar 40 persen.

Baca Juga: Cara Mengeluarkan Parasit dari Dalam Tubuh

Selain pengobatan alami di atas, ada baiknya jika Anda mengetahui makanan yang dapat meningkatkan risiko menderita serangan asam urat. Makanan ini memiliki kandungan purin tinggi, seperti ikan asin, kerang, ragi, ikan haring, kuah daging, daging, dan makarel.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel