7 Manfaat Blackcurrant, Perbaiki Fungsi Otak Hingga Atasi Diabetes

Blackcurrant
Blackcurrant. Foto: stethnews.com.
Bagi mereka yang mencoba menjadi lebih sehat, ada banyak pilihan yang tersedia. Terutama buah dan sayuran. Dan di antaranya adalah buah blackcurrant, yang merupakan buah beri populer di musim panas.

Buah ini sebenarnya berwarna ungu tua, dan mereka memiliki rasa yang cukup asam. Itulah sebabnya banyak orang memilih untuk menambahkan madu, stevia, atau pemanis apapun saat memakan buah yang satu ini.

Blackcurrant juga bisa dibuat menjadi minuman, tapi lebih populer sebagai saus untuk daging domba, ikan dan kalkun. Penelitian baru menunjukkan bahwa, blackcurrant dapat membantu meningkatkan kesehatan karena 7 manfaat. Berikut di antaranya:

1. Kandungan vitamin C tinggi
Vitamin C adalah antioksidan yang bisa melindungi sel saraf, sekaligus memanfaatkan sistem pertahanan tubuh. Blackcurrant mengandung vitamin C tinggi, dan penelitian menunjukkan bahwa vitamin ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit termasuk demensia, Alzheimer, dan Parkinson.

2. Bagus untuk mata
Blackcurrant tinggi akan antioksidan, yang dapat membantu menjaga penglihatan dan kesehatan mata. Antioksidan membantu dalam mencegah katarak, gangguan degeneratif umum yang mempengaruhi mata. Antioksidan, seperti vitamin C, bisa mengurangi risiko katarak.

3. Kesehatan saluran kemih
Anda mungkin sudah tahu tentang minum jus cranberry atau mengkonsumsi buah itu sendiri untuk mencegah infeksi saluran kemih (ISK). Termasuk jus blackcurrant, yang dapat membantu menghentikan ISK. Juga dengan membuang racun ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

4. Memperbaiki fungsi otak
Penggunaan antioksidan lain dalam blackcurrant dapat melindungi sel otak untuk mencegah penurunan neurologis.

5. Bagus untuk jantung
Mengonsumsi blackcurrant dapat meningkatkan kesehatan jantung, karena kaya akan flavonoid buah. Studi telah membuktikan bahwa, flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung. Dan dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

6. Baik untuk penderita diabetes
Penderita diabetes diberitahu untuk menjaga asupan makanan dengan indeks glisemik tinggi (GI). Blackcurrant memiliki GI rendah tidak seperti buah lainnya, yang berarti blackcurrant perlahan dibawa ke aliran darah. Hal ini sangat membantu untuk mencegah hasrat akan gula dan perubahan suasana hati.

7. Melawan infeksi
Karena vitamin C dalam blackcurrant tinggi, makan secangkir saja sehari bisa menjaga dari infeksi. Ini bahkan bisa membantu mengurangi agen infeksius, termasuk radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Baca Juga: Menikmati Buah Lai, Mirip Durian Tapi Tidak Sama

Blackcurrant adalah buah yang bisa Anda makan saat Anda sulit tidur di malam hari. Buah ini sarat dengan magnesium, mineral yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kualitas, ketenangan, dan lama tidur Anda.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel