6 Cara Efektif Menurunkan Lemak Pinggang

Lemak berbahaya di pinggang. Foto: wellnessbin.com.
Kelebihan berat badan sering dikaitkan dengan keadaan tidak sehat, namun ada pula yang menganggapnya sehat. Di sisi lain, ada orang-orang yang memiliki berat badan normal namun berisiko terkena diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

Ini karena ada lemak yang berlebihan di beberapa bagian tubuh. Salah satunya lemak di lingkar pinggang. Di mana yang ideal pada pria 102 centimeter dan untuk wanita 88 centimeter. Melampaui batas ini, disebut obesitas perut.

Nah, jika Anda memiliki lemak berlebihan di pinggang ini harus disingkirkan. Dengan langkah yang efektif, Anda akan bisa menurunkan lingkar pinggang secara signifikan. Berikut adalah beberapa langkah yang disarankan, untuk menurunkan lemak pinggang.

1. Tingkatkan asupan protein
Bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan, tingkatkan asupan protein Anda. Macronutrient ini, bisa mengurangi hasrat makan seseorang hingga 60 persen. Terlebih lagi, protein juga bisa meningkatkan metabolisme hingga 80 sampai 100 kalori setiap hari.

2. Makan makanan kaya serat
Pakar kesehatan sering menganjurkan untuk meningkatkan asupan serat. Namun perlu diingat bahwa, tidak semua serat sama. Untuk tujuan penurunan berat badan, jenis serat terbaik adalah serat larut, sehingga membuat Anda merasa kenyang berjam-jam. Ini berarti bahwa Anda tidak akan makan banyak.

Baca Juga: 8 Kesalahan yang Membuat Diet Gagal dan Tidak Bekerja

3. Pantau asupan makanan Anda
Salah satu cara untuk mengatasi berat badan adalah dengan memantau asupan makanan. Cara terbaiknya adalah dengan melacak apa yang Anda makan, termasuk jumlah kalori yang Anda konsumsi, serat, protein, dan sebagainya.

4. Lakukan latihan aerobik
Tentu saja, mengubah diet Anda hanyalah salah satu bagian dari menghilangkan lemak oinggang. Anda juga perlu melakukan beberapa latihan, untuk mempercepat pengurangan lemak di perut. Anda perlu melatih bagian tubuh yang berbeda, untuk mencapai pinggang yang lebih kecil.

5. Kurangi karbohidrat
Cara lain untuk menurunkan lemak pinggang adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat. Hindari roti, pasta, dan karbohidrat lainnya. Terlebih lagi, saat Anda mengurangi asupan karbohidrat, ada juga harus banyak minum air. Dan akan melihat hasilnya hanya dalam beberapa minggu.

6. Hindari gula
Bagi mereka yang menyukai permen atau minuman manis, Anda mungkin ingin mempertimbangkannya untuk membeli dan memakannya. Semakin banyak Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi fruktosa, semakin banyak lemak yang tersimpan di perut.

Baca Juga: 8 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Jika Bermanfaat, bagikan artikel ini ke teman dan saudara Anda.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel