Pengembala Buta Ini Tidak Pernah Kehilangan Kambingnya

Penggembala kambing yang tidak prnah kehilangan ternaknya.
Penggembala kambing yang tidak prnah kehilangan ternaknya.
Di zaman modern saat ini jarang sekali peternak menggembalakan kambingnya di alam liar. Selain terbatasnya lahan, kambing yang digembalakan juga bisa retan untuk dicuri, meskipun mereka diawasi oleh seorang penggembala.

Membiarkan ternak hidup di alam liar juga membuat mereka lebih sehat dan produksi tinggi, terutama yang diambil susunya. Biasanya, seorang gembala ternak salah satunya kambing, harus memiliki indera yang lengkap termasuk penglihatannya.

Tapi berbeda dengan pria bernama Sabir Khan ini, di mana ia seorang pria tunanetra. Dan ajaibnya lagi, ia tidak pernah kehilangan ternaknya meskipun dibiarkan di alam bebas. Lantas seperti apa ia menggembalakan kambingnya?

Pria yang berasal dari negara bagian Madhya Pradesh, India ini mengaku belum pernah kehilangan seekor kambing pun. Khan menggunakan panggilan bernada tinggi, untuk mengontrol kawanan kambingnya.

Dikutip dari al-arabiya, sepuluh tahun yang lalu, ia memiliki dua ekor kambing dan bergabung dengan program inklusi sosial untuk orang-orang yang ditantang secara visual. Program yang dijalankan oleh LSM, yang membantu bisnis pemeliharaannya.

Hari ini, ia memiliki 30 ekor kambing dan berencana menambah lebih banyak lagi.

"Ketika saya memanggil mereka, mereka memanggil dan berkumpul di sekitar saya," kata Khan sambil menambahkan bahwa menjelang malam, dia menggunakan nada tertentu dalam suaranya untuk memanggil kambingnya.

Sahabat Sabir Khan mengatakan, dia memiliki seekor kambing terlatih. “Dia menaruhnya di tali. Yang lain mengikuti," katanya

Baca Juga: Pria Ini Teriak-teriak, Lalu Muncul Gerombolan Kambing

Berikut video Khan menggembalakan kambingnya:

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel