Mana yang Bagus? Jus Detoks, Bebas Gula Atau Makanan Super

Minuman super pembersih racun
Minuman super.
Saat ini banyak sekali tips-tips yang beredar di dunia maya, terutama untuk kesehatan tubuh. Di antaranya adalah jus yang ampuh menurunkan berat badan, atau menghilangkan racun dari dalam tubuh dalam sekali minum.

Selain itu, ada juga makanan-makanan super, yang dipercaya bisa meningkatkan kesehatan tubuh dalam waktu cepat. Selain itu, bisa juga untuk mengobati beragam penyakit bahkan yang berbahaya seperti kanker sekali pun.

Atau, kita juga harus mengurangi konsumsi gula agar fungsi tubuh bisa kembali normal. Lantas bagaimana menurut pera ahli tentang tips-tips tersebut? Apakah benar-benar bekerja pada tubuh atau hanya akal-akalah penulis agar banyak dibaca?

Berikut adalah fakta yang sebenarnya mengenai detoksifikasi, makanan super dan konsumsi gula yang kami kutip dari dailymail.co.uk:

MITOS DETOKSIFIKASI


Sudah berapa kali Anda mendengar seseorang mengklaim adanya keajaiban 'detoks seluruh tubuh' atau 'detoks musim semi'?

Mari mulai dengan jus pembersihan racun, yang mengharuskan Anda mengonsumsi jus selama beberapa hari. Dan pastinya itu jus mentah, organik, jus dingin, bukan jus jeruk merek supermarket. Contohnya adalah bagaimana segelas jus lemon diklaim bisa 'mengeluarkan racun' dan 'membuat organ hati sehat'.

Pertama-tama, semua proses detoksifikasi tidak akan berhasil jika Anda kurang tidur, terutama di malam hari. Kedua, jus-jus tersebut berpotensi merusak organ lainnya, seperti jus lemon yang bisa merusak kesehatan gigi karena mengikis enamel.

MITOS MAKANAN BERGULA


Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang yang ingin bebas dari gula. Makanan manis seperti seumber karbo mengadung gluten, dan akan seperti amplas untuk usus. Tetapi, membebaskan diri dari konsumsi gula sebenarnya berpotensi merusak lapisan usus.

Banyak hal yang menyebabkan ketidaknyamanan lambung. Seringkali, jika seseorang mengalami kembung setelah makan banyak, katakanlah pasta. Masalahnya bukan pada pasta itu sendiri, tetapi makan yang berlebihan, makan terlalu cepat atau tidak mengunyah dengan benar.

MITOS ALKALIN


Diet alkalin didasarkan pada premis bahwa, fungsi tubuh terbaik dalam keadaan sedikit basa, dan penyakit itu karena keasaman dalam tubuh tinggi.

Banyak tips kita mengkonsumsi makanan pembentuk alkali (terutama buah dan sayuran), dan menghindari makanan pembentuk asam (terutama daging dan susu). Dari sudut pandang gizi murni, apa pun yang mendorong peningkatan konsumsi buah dan sayuran adalah hal yang baik, karena 70 persen dari kita mengaku tidak makan lima hari sehari.

Masalahnya adalah diet alkalin juga dilengkapi dengan sejumlah klaim tak berdasar - bahwa orang yang terlalu 'asam' menunjukkan gejala kecemasan, kelelahan, sakit kepala, insomnia, dan tekanan darah tinggi, misalnya.

Faktanya, ketika Anda mengonsumsi makanan, pH makanan diubah di berbagai bagian tubuh untuk mencocokkan kondisi ideal untuk enzim pencernaan: asam pertama di lambung, kemudian lebih banyak alkalin di usus. PH darah dijaga antara 7,35 dan 7,45 - apa pun di bawah pH 7,35 dianggap asidosis, dan apa pun di atas 7,45 dianggap alkalosis.

MITOS SUPERFOOD


Percaya atau tidak, minyak kelapa mengandung sekitar 85 persen lemak jenuh. Ingat bahwa diet tinggi lemak jenuh, akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun entah bagaimana, minyak kelapa telah mencapai status 'superfood'. Hal ini berkat beberapa taktik pemasaran yang cerdik, dan pernyataan ilmiah yang berlebihan.

Ada juga superfood dari buah-buahan:


Baobab: Buah Afrika ini pada dasarnya adalah 'bubuk' vitamin C yang sangat mahal. Jika Anda menginginkan lebih banyak vitamin C, cukup makan lebih banyak buah dan sayuran seperti jeruk, buah beri, dan cabai.

Maca: Akar Peru ini diduga meningkatkan energi, tetapi penelitian tidak dapat disimpulkan. Jika Anda membutuhkan lebih banyak energi, kopi adalah yang terbaik.

Spirulina: Ini adalah jenis ganggang yang kaya protein, tetapi ada banyak cara yang lebih mudah dan jauh lebih murah untuk mendapatkan protein dari tanaman. Kale, jamur, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang bagus.

Wheatgrass: Tidak unik, wheatgrass mengandung vitamin dan mineral seperti sayuran lainnya.

Acai berry: Dikatakan mengandung antioksidan yang sangat tinggi, buah berry eksotis ini menjadi terkenal sebagai alat penurun berat badan. Jauh lebih baik untuk mendapatkan antioksidan Anda dari buah dan sayuran, yang memberi Anda seluruh manfaat lain tanpa kadar vitamin yang berpotensi tinggi.

Jika Anda ingin mengonsumsi buah dan sayur, ada baiknya buah dan sayuran ini dikonsumsi setiap hari.

Tomat: Mengandung lycopene, yang lebih lebih mudah diserap tubuh ketika dimasak.

Butternut squash: Mengandung beta-carotene, lycopene dan vitamin C, yang semuanya akan meningkat ketika dimasak.

Bayam: Mengandung kalsium dan zat besi, yang lebih banyak jika dimasak.

Baca Juga: Ternyata, Air Kelapa Dicampur Madu Memiliki Khasiat Menakjubkan

Kacang: Memasak kacang akan meningkatkan nilai gizinya, sekaligus mengurangi kandungan fitat nutrisi, yang dapat mencegah penyerapan zat besi.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel