Setelah 1.400 Tahun, Air Masih Mengalir di Sumur Utsman bin Affan

Sumur Utsman Bin Affan
Sumur Utsman Bin Affan. Foto: english.alarabiya.net
Utsman bin Affan adalah sahabat Nabi Muhammad S.A.W yang termasuk Khulafaur Rasyidin yang ke-3. Utsman termasuk orang yang sangat kaya, namun ia sangat dermawan.  Beliau juga mendapat julukan Dzun Nurain, yang berarti yang memiliki dua cahaya.

Utsman adalah khalifah ketiga, yang memerintah dari tahun 644 hingga 656. Sahabat Nabi yang satu ini juga memiliki sifat yang lemah lembut, tutur kata yang baik bahkan sangat pemalu.

Banyak bantuan ekonomi yang beliau berikannya kepada umat Islam di awal dakwah Islam. Salah satunya adalah sumur Rummat, yang ia berikan demi kepentingan dakwah islam. Dan ajaibnya, 1.400 tahun berlalu, sumur ini masih mengalirkan air.

Sumur masih digunakan untuk mengairi kebun kurma.
Sumur yang berada di kota Madina di Arab Saudi ini, dikenal karena digunakan dalam perjalanan dakwah Nabi. 

Di dekat sumur ini ada masjid dan perkebunan kurma yang luas. Pihak berwenang kini sedang mengerjakan sebuah rencana, untuk mengembangkan kawasan ini lebih luas lagi.

Kebun kurma wakaf dari Utsman Bin Affan.
Abdullah Kaber, seorang peneliti ilmiah dalam pengembangan otoritas Madina, mengatakan kepada Saudi Press Agency bahwa inilah satu-satunya sumur yang masih ada dan mengalir sejak zaman Nabi Muhammad S.A.W.

Baca Juga: Jadi Driver Ojek Online, Wanita Berhijab Ini Panen Orderan

Untuk mengenali nilai historis dan kepentingannya bagi umat Islam, sumur ini akan diberi nama 'Sumur Utsman'.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel