Coklat Hitam Ternyata Efektif Sembuhkan Diabetes Tipe 2

Coklat hitam sembuhkan diabetes.
Coklat hitam sembuhkan diabetes. Foto: dailymail.co.uk.
Penyakit diabetes terkadang tidak terdeteksi secara langsung, dan memperlihatkan gejalanya. Dan ini membuat penderita diabetes kian meningkat dari tahun ke tahun. Di Indonesia, diperkirakan ada 10 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun menderita diabetes, dikutip dari Federasi Diabetes Internasional.

Bahkan dari hasil penelitian Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) dari Kementrian Kesehatan Indonesia pada tahun 2013, ada sekitar 12 juta penduduk Indonesia yang menderita diabetes. Di mana mereka banyak di antaranya menderita diabetes tipe 2.

Lantas apakah diabetes bisa disembuhkan? Jawabannya tentu bisa. Tapi kita harus disiplin, terutama dalam memilih menu makanan. Ada bukti, di mana seorang pria mengklaim telah menyembuhkan diabetes tipe 2 dengan coklat hitam. Caranya?

Terry Kemp, 68 tahun dari Bristol, mengklaim telah sembuh dari diabetes tipe 2. Kemp mulai makan 85 persen menu makannya hanya sebatang coklat hitam, dan didampingi 500 gram anggur merah setiap hari.

Setelah dua tahun mengikuti diet yang tidak biasa ini, Kemp kehilangan 19 kilogram berat badannya. Dan saat mengunjungi dokter, mereka mengatakan jika diabetesnya telah sembuh.

Diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan atau obesitas.


Kemp mengatakan kepada The Sun: "Ini berhasil untuk saya. Saya tidak ingin memberi harapan palsu kepada orang-orang tetapi tampaknya itu berhasil bagi saya. Bisa jadi coklat, bisa jadi anggur, atau bisa juga untuk semua yang saya tahu. Saya sekarang mulai makan lainnya."

Daniel Howarth, kepala perawatan di Diabetes UK, mendesak pasien diabetes tipe 2 untuk menghubungi dokter, jika mereka ingin mencoba menurunkan atau mengatur berat badan.

Bagaimana coklat dan anggur bermanfaat bagi pasien diabetes?


Penelitian sebelumnya menunjukkan coklat mengandung senyawa, yang dikenal sebagai monomer epicatechin, yang meningkatkan sekresi hormon insulin. Masalah dengan insulin dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Dalam penelitian hewan, monomer epikatekin juga mengurangi obesitas dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi kadar glukosa darah yang tinggi. Peneliti menambahkan, manusia mungkin memerlukan senyawa dalam jumlah besar untuk mendapatkan manfaat.

Peneliti studi Profesor Jeffery Tessem, dari Universitas Brigham Young, mengatakan: "Anda mungkin harus makan banyak coklat, dan jangan yang banyak mengandung gula di dalamnya. Ini adalah senyawa dalam kakao yang kamu cari."

Coklat hitam mengandung gula yang relatif sedikit dibandingkan dengan varietas coklat lainnya.

Buah, seperti anggur, juga mengandung banyak serat, yang dapat membantu orang merasa kenyang lebih lama dan karena itu mengurangi asupan kalori, dan membantu mereka dalam menurunkan berat badan.

Vitamin D pada masa kanak-kanak mencegah diabetes tipe 1


Ini muncul setelah penelitian yang dirilis pada bulan Januari tahun ini, dan menyarankan vitamin D pada masa kanak-kanak mencegah diabetes tipe 1.

Suplemen sinar matahari menurunkan risiko individu yang rentan. Dan memperkuat sistem kekebalan, sebuah penelitian menemukan.

Diabetes tipe 1 adalah kondisi autoimun, yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel-sel yang memproduksi insulin. Kondisi ini meningkat tiga hingga lima persen setiap tahun, terutama di kalangan anak-anak.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel