Susu Tiger Nut Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Susu tiger nut
Susu tiger nut. Foto: wellnessbin.com

Nama tiger nut mungkin masih asing di telinga kita. Tetapi jenis umbi ini bukan termasuk kacang. Dan siapa sangka memiliki nutrisi yang lengkap, sehingga bermanfaat bagi tubuh.

Tiger nut adalah sejenis umbi yang berasal dari yellow nutsedge - sejenis rumput alang. Dan dijuluki sebagai rumput liar terburuk di dunia. Tapi bentuknya mirip kacang Bogor, dengan rasa yang manis renyah mirip kelapa.

Di Amerika bagian tenggara, tumbuhan ini menyebar invasif dan sangat luas. Sehingga dibutuhkan biaya jutaan dollar untuk membasminya karena merusak lahan pertanian.

Namun dalam penelitiannya, nutrisi tiger nut ini mirip dengan almond, yang kaya akan lemak dan ampuh mengurangi peradangan.

Selain dimakan langsung, tiger nut juga bisa dibuat menjadi susu, meskipun tidak sepopuler susu kedelai, santan, susu beras, susu gandum, dan susu non-susu lainnya.

Lantas apa saja manfaat susu tiger nut ini? Berikut ulasan lengkapnya kami kutip dari wellnessbin.com:

Membantu Meningkatkan Proses Pencernaan
Karena susu tiger nut bersumber dari umbi, sehingga kaya akan serat. Karena alasan inilah mengapa mengkonsumsinya dapat membantu dalam mengoptimalkan proses pencernaan. Selain itu, kandungan serat dari susu tiger nut juga membantu menghilangkan isi usus besar, sehingga membantu mencegah sembelit secara efektif.

Menurunkan Kolesterol Jahat
Serat dalam susu tiger nut sangat baik untuk mengatur gerakan usus, sekaligus menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat yang tinggi adalah salah satu penyebab penyakit jantung.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
Ada asam amino dalam susu tiger nut yang disebut arginine. Dan para ilmuwan mengatakan bahwa itu mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Sama seperti kolesterol jahat, tekanan darah tinggi adalah sesuatu yang dapat sangat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Mengelola Peradangan
Susu tiger nut mengandung lemak yang sehat. Jenis lemak seperti itu disebut sehat karena membantu mengontrol peradangan. Para ahli mengatakan bahwa itu tidak hanya menghilangkan nyeri sendi dan pembengkakan, tetapi bagi masalah kesehatan lainnya. Beberapa di antaranya termasuk diabetes, obesitas, osteoporosis dan kanker.

Membantu Mengurangi Risiko Kanker
Berbicara tentang kanker, para ilmuwan mengatakan bahwa antioksidan yang ada dalam susu tige rnut menunjukkan sifat anti kanker. Banyak penelitian yang dilakukan pada tiger nut mengungkapkan bahwa manfaatnya sangat luar biasa dalam melawan kanker prostat. Jadi, jika Anda seorang laki-laki, berusia lebih dari 65 tahun dan memiliki riwayat kanker dalam keluarga, konsumsi susu tiger nut.

Baca Juga: 9 Cara Alami Turunkan Kolesterol

Membangun dan Mempertahankan Otot
Minum susu tiger nut secara teratur, menyediakan sejumlah protein yang sangat baik. Susu tiger nut juga direkomendasikan bagi siapa saja yang sadar kecantikan, karena kandungan proteinnya juga membantu menjaga kulit tetap muda dan sehat.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel