Awas, Jangan Makan Coklat Hitam Menjelang Tidur Malam

Cokelat hitam
Coklat hitam.
Malam hari adalah saat yang tepat bagi kita untuk mengistirahatkan tubuh, setelah seharian beraktivitas. Namun tidak sedikit orang-orang saat ini mengalami gangguan tidur, atau biasa disebut dengan insomnia.

Penyebabnya bisa beragam seperti stres, memainkan gadget, hingga cuaca yang tidak nyaman. Nah, akibatnya kita akan mudah lapar jika terkena insomnia, dan banyak dari kita yang akhirnya mengambil camilan sebagai teman di malam hari.

Namun ada makanan-makanan yang justru harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi. Salah satunya adalah coklat hitam. Selain itu, ada juga beberapa makanan yang justru membantu kita terlelap dengan cepat. Apa saja? Simak di tautan ini.

Dikutip dari Dialy Mail, ahli diet Australia, Susie Burrell, mengungkapkan dalam posting blog bahwa ada makanan tertentu yang harus dimakan jika mereka ingin mendapatkan istirahat malam yang baik. Dan juga ada makanan tertentu yang harus mereka hindari.

"Tidak ada keraguan bahwa ada kedua makanan yang membantu dan menghalangi tidur kita, makanan berlemak tinggi diketahui membuat kita merasa lelah dan lesu," kata Susie.

MAKANAN YANG MEMBANTU


Pisang


Salah satu manfaat pisang adalah membuat tidur kita lebih nyenyak karena kaya akan nutrisi. Nutrisi ini di antaranya adalah potasium dan magnesium, yang membantu relaksasi otot.

"Selain itu, karbohidrat alami yang ditemukan dalam pisang akan secara bertahap melihat penurunan kadar glukosa darah yang akan membantu untuk menginduksi tidur 60 menit atau lebih setelah dikonsumsi," kata Susie.

Susu


Mengapa anak harus mengkonsumsi susu hangat sebelum waktu tidur, adalah salah satu alasannya. Susu adalah sumber dari tryptophan asam amino yang membantu menghasilkan serotonin dalam tubuh.

Serotonin bertindak sebagai 'neurotransmitter' yang secara alami menenangkan tubuh dan membantu mendorong tidur.

Kacang


Semua kacang memiliki manfaat yang berbeda untuk tubuh, Susie mengatakan mereka semua membantu mendorong tidur lebih cepat.

Kandungan kalsium dalam kacang membantu otak mengeluarkan triptofan, untuk menghasilkan hormon melatonin yang membantu tidur.

"Ini adalah lemak esensial dan asam amino termasuk triptofan yang menghubungkan konsumsi kacang dengan tidur," kata Susie.

MAKANAN UNTUK DIHINDARI


Coklat Hitam


Meskipun sehat, mengambil coklat hitam ketika hendak tidur htidak baik apalagi jika mengandung gula. Ini karena coklat hitam mengandung lebih banyak kafein daripada coklat biasa.

Es Krim


Meskipun semangkuk es krim sebelum tidur sulit untuk ditolak, tetapi tidak baik untuk dikonsumsi. Gula dan lemak yang ada di dalamnya, terutama es krim yang dipenuhi dengan permen, akan merangsang otak lebih aktif.

Makanan Asin


Tidak peduli apakah orang-orang mengonsumsi pizza, masakan Cina atau kari, jumlah garam yang tinggi akan memengaruhi tidur seseorang.

Baca Juga: Bakteri Perut Ubah Coklat Hitam Jadi Obat Alami

"Tidak hanya memiliki masalah saat konsumsi, tetapi tubuh akan dehidrasi yang dapat menyebabkan Anda terbangun secara teratur pada malam hari," jelasnya.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel