15 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Ada di Rumah Anda

Ilustrasi mengobati sakit tenggorokan
Ilustrasi mengobati sakit tenggorokan. Gambar: shape.com.sg

Sakit tenggorokan membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Gejala utamanya adalah rasa sakit dan iritasi di tenggorokan, terutama ketika Anda menelan.


Sakit tenggorokan terjadi sebagai bagian dari respons kekebalan tubuh, Anda terhadap infeksi virus atau bakteri. Respons imun alami Anda menyebabkan peradangan dan pembengkakan selaput lendir di tenggorokan.

Untungnya, ada beberapa solusi alami yang dapat meredakan bahkan mengobati sakit tenggorokan, termasuk beberapa yang didukung oleh bukti ilmiah. Dan berikut adalah 15 obat sakit tenggorokan alami, yang sebagian besar ada di rumah.

1. Akar Marshmallow

Tanaman marshmallow telah digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan kondisi lain, sejak Abad Pertengahan.

Akarnya mengandung zat seperti gelatin yang dikenal sebagai lendir, yang melapisi dan melumasi tenggorokan saat Anda menelannya.

Kini, akar marsmallow biasanya ada dalam bentuk permen lozenges, dan telah diuji pada hewan dan efektif serta tidak beracun, bahkan pada dosis yang sangat tinggi.

Berikut ini adalah resep untuk infus akar marshmallow dingin, untuk mengobati sakit tenggorokan yang Anda alami:

Bahan: Air dingin. 1 ons (28 gram) akar marshmallow kering.
Petunjuk: Isi wadah dengan 1 liter air dingin. Tempatkan akar marshmallow di kain tipis dan ikat dalam satu bundel. Turunkan bundel ke dalam air sampai benar-benar terendam di dalam air. Tempatkan ujung ikatan bundel di atas tutup botol, letakkan tutupnya di atas stoples dan kencangkan pada tutupnya. Diamkan semalaman, atau setidaknya delapan jam. Tuangkan jumlah yang diinginkan ke dalam gelas. Tambahkan pemanis pilihan, jika diinginkan. Ketika sudah siap, Anda dapat meminumnya sepanjang hari, untuk membantu mengobai sakit tenggorokan.

Memilih akar marshmallow kering berkualitas tinggi dari sumber terpercaya adalah penting. Berbagai produk tersedia secara online, namun tidak menjaminnya.

Intinya : Marshmallow telah digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan sejak zaman kuno. Akarnya mengandung zat seperti gelatin yang disebut lendir, yang melapisi dan menenangkan tenggorokan.

2. Sage dan echinacea

Sage biasanya digunakan sebagai rempah dalam memasak, tapi juga memiliki kegunaan sebagai obat. Sage berasal dari Mediterania dan sekarang tumbuh di seluruh dunia.

Sage juga telah digunakan untuk mengobati banyak kondisi peradangan, dan penelitian terkontrol menunjukkan itu dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Dalam sebuah penelitian, semprotan sage-echinacea sedikit lebih efektif dalam mengurangi sakit tenggorokan, daripada spray lidokain klorheksidin. Tidak ada pengobatan yang menyebabkan efek samping negatif.

Echinacea adalah ramuan lain yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Telah terbukti melawan bakteri dan mengurangi peradangan.

Ikuti resep ini untuk membuat semprotan tenggorokan sage-echinacea Anda sendiri di rumah:

Bahan:
1 sendok teh sage.
1 sendok teh echinacea.
1/2 gelas air.

Petunjuk:
Air mendidih.
Tempatkan sage dan echinacea dalam botol kecil dan kemudian isi dengan air mendidih.
Biarkan selama 30 menit.
Tuang campuran melalui saringan dan kemudian gabungkan dengan setengah gelas minuman keras - lewati minuman keras jika Anda seorang alkoholik atau lebih suka menghindari alkohol karena alasan apa pun.
Tempatkan botol semprot kecil dan semprotkan ke tenggorokan setiap dua jam atau sesuai kebutuhan.

Intinya: semprotan sage-echinacea telah terbukti dapat meredakan sakit tenggorokan, sama efektifnya dengan semprotan obat antiseptik.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah tonik kesehatan alami yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Bahan aktif utamanya, asam asetat, membantu melawan bakteri.

Dokter Yunani kuno Hippocrates, yang dikenal sebagai bapak kedokteran, bahkan meresepkan kombinasi cuka sari apel dan madu - yang dikenal sebagai oxymel - untuk mengobati gejala flu seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, minum 1 cangkir air hangat yang dicampur dengan 1 sendok makan cuka sari apel, dan satu sendok makan madu opsional.

Intinya : Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu meringankan sakit tenggorokan, ketika dikonsumsi dalam jumlah kecil dengan air hangat.

4. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam adalah obat alami yang terkenal untuk menyingkirkan sakit tenggorokan.

Garam membantu mengurangi pembengkakan dengan menarik air keluar dari jaringan tenggorokan. Ini juga dapat membantu membunuh mikroba yang tidak diinginkan di tenggorokan.

Campurkan 1 cangkir air hangat dengan 1 sendok teh garam dan aduk hingga larut. Berkumurlah dengan mulut penuh campuran ini selama 30 detik, satu kali per jam.

Intinya: Berkumur setiap hari dengan air garam hangat membantu mengurangi pembengkakan, dan dapat mengurangi ketidaknyamanan tenggorokan.

5. Madu

Madu adalah pemanis yang lezat yang sering digunakan dalam kombinasi dengan bahan alami lainnya, untuk meredakan sakit tenggorokan.

Selain membantu melawan infeksi dan memberikan pereda nyeri, madu tidak dapat disangkal membuat pengobatan lebih baik.

Madu bisa sangat efektif bila dikombinasikan dengan air hangat dan cuka sari apel atau herbal.

Namun, seharusnya tidak diberikan kepada anak-anak di bawah usia satu tahun karena usus mereka tidak memiliki kesempatan untuk memperoleh bakteri sehat yang dapat melawan kuman, seperti spora botulism, yang kadang-kadang ditemukan dalam madu.

Juga, orang yang menghindari gula atau mengikuti diet rendah karbohidrat mungkin ingin memilih obat lain, karena madu adalah bentuk gula dan mengandung 17 gram karbohidrat per sendok makan.

Intinya: Madu dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, terutama ketika dikombinasikan dengan cuka atau herbal dalam air hangat.

6. Akar Licorice

Licorice adalah tanaman asli Eropa dan Asia Selatan. Menariknya, telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati banyak gangguan.

Licorice memiliki sifat yang mirip dengan aspirin yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan. Sayangnya, tidak ada penelitian tentang kemampuannya untuk meredakan sakit tenggorokan yang berkaitan dengan penyakit.

Namun, penelitian pada individu yang baru saja menjalani operasi besar menemukan bahwa, licorice secara signifikan mengurangi rasa sakit tenggorokan karena penghapusan tabung pernapasan.

Satu studi menemukan bahwa berkumur dengan air licorice sebelum operasi, mengurangi risiko terkena sakit tenggorokan hingga 50 persen, dibandingkan berkumur dengan air gula.

Teh akar licorice dapat dibeli di toko bahan makanan alami atau dari pengecer online.

Anda juga dapat membuat minuman Anda sendiri atau berkumur. Campurkan akar licorice tanah dengan air panas, biarkan mendidih selama lima menit, kemudian saring sebelum diminum.

Intinya: Akar licorice memiliki kualitas seperti aspirin dan dapat membantu meredakan sakit tenggorokan saat berkumur atau dikonsumsi sebagai teh.

Lanjutkan Membaca: 15 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Ada di Rumah Bagian 2
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel