7 Obat Asam Lambung Alami Tanpa Efek Samping

Ilustrasi asam lambung naik.
Ilustrasi asam lambung naik. Gambar: Pixabay.com/derneuemann
Saat kita merasakan ada yang sensasi terbakar merayap ke tenggorokan, maka kita harus mencari obat asam lambung. Ya, sensasi tersebut kareka kita menderita penyakit gastroesophageal reflux, atau GERD akibat asam lambung naik.

Anda jangan terburu-buru ke apotek terdekat, karena ada solusi alami yang bisa menjadi obat asam lambung naik tersebut. Anda bisa mencoba untuk mengurangi efek samping yang tidak diinginkan, dari masalah yang tidak nyaman ini.

Berikut ini adalah tujuh solusi atau obat asam lambung alami, yang bisa membantu mengurangi bahkan menghilangkan sensasi terbakar di tenggorokan. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya. Dikutip dari fishertitus.org

Solusi atau Obat Asam Lambung

Bubuk soda kue

Satu sendok teh soda kue (zat dasar) akan menetralisir asam lambung, sehingga bahkan jika muncul, Anda tidak akan merasakan sensasi terbakar.

Campurkan 1 sendok teh soda kue dengan 8 ons air dan minum semuanya. Ulangi sesuai kebutuhan, tetapi jangan melebihi tujuh dosis dalam satu hari. Hindari penggunaan obat ini selama lebih dari seminggu, karena kandungan garamnya yang tinggi.

Mengunyah permen karet

Orang yang mengalami penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), bisa mendapatkan beberapa bantuan dengan mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit.

Lakukan setelah makan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dental Research. Mengunyah permen karet menstimulasi kelenjar saliva, yang meningkatkan saliva. Air liur membantu membersihkan asam apa pun. Kunyah satu potong setelah Anda makan dan perhatikan perbedaannya.

Jangan berbaring setelah makan

Ketika Anda makan dan kemudian berbaring, isi perut dapat dengan mudah didorong kembali ke atas, karena itu menekan sfingter esofagus Anda. Namun, jika Anda tegak, gravitasi membantu menjaga makanan tetap di lambung.

Sebaiknya Anda makan tiga sampai empat jam, sebelum Anda akan berbaring untuk memberi waktu agar makanan Anda benar-benar dicerna. Berbaring sedikit lebih tinggi di tempat tidur Anda, dengan bantal di bawah kepala.

Makan buah

Dan bukan sembarang buah — pisang memiliki sifat antasid alami yang melawan refluks asam. Makan pisang matang sepenuhnya setiap hari untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat asam yang kembali naik.

Buah besar lainnya untuk obat asam lambung yang patut dicoba adalah apel. Untuk mencegah ketidaknyamanan di malam hari, iris apel dan menikmatinya beberapa jam sebelum tidur. Buah-buahan lain yang dapat mengurangi asam lambung naik adalah melon, melon, dan semangka. Pastikan untuk menghindari buah-buahan dengan kandungan asam tinggi seperti jeruk, jeruk dan nanas.

Teh jahe

Teh jahe sangat bagus untuk banyak penyakit perut, dari sakit perut umum hingga mual hingga asam lambung kronis. Caranya untuk mengobati asam lambung naik, rebus irisan akar jahe dalam air selama 30 menit. Untuk manfaat maksimal, minum teh sebelum makan untuk mencegah GERD.

Mustard

Mustard penuh dengan mineral dan mengandung cuka atau asam lemah. Makanan yang satu ini juga mengandung alkalin, yang menetralkan asam lambung. Cobalah minum 1 sendok teh mustard untuk meredakan atau mengobati asam lambung, atau jika Anda sudah mengalami gejalanya.

Teh Chamomile

Untuk menyeimbangkan tingkat keasaman di perut Anda, minumlah secangkir teh chamomile 30 menit hingga satu jam sebelum tidur. Chamomile juga mengurangi tingkat stres, yang dapat berkontribusi untuk menghilangkan rasa mulas.

Teh chamomile instan tersedia untuk dibeli, atau Anda dapat membuatnya sendiri. Cukup merebus air, aduk kelopak chamomile dan biarkan mendidih selama sekitar 45 detik. Saring dan tuangkan teh ke dalam cangkir, tambahkan madu atau lemon seperti yang disukai untuk obat asam lambung.

Baca Juga: Mana yang Bagus? Jus Detoks, Bebas Gula Atau Makanan Super

Jika Anda kerap merasakan GERD, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian. Pelajari lebih lanjut tentang gejala, pengujian yang dapat dilakukan dan pilihan perawatan dengan panduannya.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel