Tomat Picu Meningkatnya Kadar Asam Urat dalam Darah? Ini Faktanya

Buah tomat
Tomat. Pixabay/sharonang.

Asam urat seringkali dikaitkan dengan makanan tinggi purin, seperti daging, makanan laut dan juga alkohol. Dan mungkin sebagian besar dari kita yang memiliki penyakit asam urat, aman untuk mengonsumsi sayuran, salah satunya tomat.


Ya, tomat mungkin selalu kita anggap sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan. Apalagi tomat ini cukup segar untuk dikonsumsi langsung. Ditambah dengan beragam nutrisi di dalamnya yang menyehatkan tubuh.

Tapi benarkah jika tomat justru membuat asam urat meningkat di dalam darah? Penelitian terbaru mendukung keyakinan tersebut, bahwa tomat bisa menjadi pemicu timbulnya asam urat. Mengapa demikian?

Penelitian ini dilakukan oleh tim dari Universitas Otago Selandia Barug, untuk pertama kalinya, menemukan dasar biologis untuk penelitian ini.

Di mana asam urat adalah bentuk arthritis yang menyakitkan, yang mempengaruhi sekitar tiga kali lebih banyak pada pria daripada wanita. Empat hingga lima persen pria Eropa di Selandia Baru, juga menderita asam urat.

Di antara mereka berasal dari suku Maori dan Pulau Pasifik, angka ini meningkat menjadi 10-15 persen karena risiko genetik yang lebih besar pada orang-orang ini.

Begitu seseorang menderita asam urat, mengonsumsi makanan tertentu dapat menyebabkan asam urat mereka tinggi. Ini membuat peneliti Otago Department of Biochemistry memperhatikan bahwa, sejumlah besar penderita asam urat percaya bahwa tomat adalah salah satu makanan pemicunya.

Para peneliti mensurvei 2051 warga Selandia Baru dengan asam urat yang diverifikasi secara klinis. Dari orang-orang ini, 71 persn melaporkan memiliki satu atau lebih pemicu makanan. Tomat terdaftar sebagai pemicu di antara 20 persen dari kasus-kasus ini.

Salah satu penulis penelitian, mahasiswa PhD Genetika Tanya Flynn, mengatakan bahwa tomat ditemukan menjadi pemicu keempat yang paling umum disebutkan, setelah makanan laut, alkohol dan daging merah.

Setelah menentukan tomat adalah makanan pemicu yang sering dikonsumsi, peneliti mengumpulkan dan menganalisis data dari 12.720 anggota pria dan wanita dari tiga studi kesehatan Amerika Serikat yang berjalan lama. Data ini menunjukkan bahwa konsumsi tomat terkait dengan kadar asam urat yang lebih tinggi dalam darah, yang merupakan penyebab utama penyakit yang satu ini.

Miss Flynn mengatakan bahwa, makanan ini dapat mengubah kadar asam urat ke tingkat yang lebih tinggi.

"Kami menemukan bahwa hubungan positif antara makan tomat dan kadar asam urat setara dengan mengkonsumsi makanan laut, daging merah, alkohol atau minuman manis," katanya.

Nona Flynn menekankan bahwa hal terpenting yang dapat dilakukan orang dengan asam urat untuk mencegah serangan adalah mengonsumsi obat - seperti Allopurinol - yang sangat efektif untuk mengurangi kadar asam urat.

"Menghindari tomat mungkin bermanfaat bagi orang-orang yang mengalami serangan asam urat setelah memakannya, tetapi dengan perawatan yang tepat, ini tidak harus menjadi makanan pantangan dalam jangka panjang," katanya.

Baca Juga: Asam Urat Kambuh? Bungkus Kaki Anda dengan Aluminium Foil

Temuan ini dipublikasikan dalam makalah di jurnal internasional BMC Musculoskeletal Disorders.

Sumber: sciencedaily.com
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel